Blog

Jika hasilnya berat badan berlebih, Anda bisa melakukan beberapa cara diet alami berikut untuk mendapatkan berat badan ideal:

3+ Cara Diet Alami yang Aman dan Efektif

Menurunkan berat badan dengan menggunakan obat-obatan diketahui memiliki efek samping yang membahayakan. Salah satu cara yang lebih aman untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat adalah menerapkan berbagai cara diet alami.

Program diet instan memiliki efek samping yang membahayakan kesehatan. Selain itu, diet instan belum terbukti efektivitasnya dalam menurunkan berat badan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan cara diet alami berikut:

Salah satu cara untuk mengetahui berat badan ideal adalah menghitung indeks massa tubuh (IMT). Jika hasilnya berat badan berlebih, Anda bisa melakukan beberapa cara diet alami berikut untuk mendapatkan berat badan ideal:

1. Atur cara dan pola makan

Biasakan untuk makan secara perlahan setidaknya 20 menit untuk mengurangi nafsu makan. Hal ini dikarenakan makan terlalu cepat dapat membuat Anda merasa lebih lama untuk kenyang, sehingga menyebabkan Anda cenderung makan berlebihan.

Selain mengubah cara makan, Anda juga perlu memilih jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Perbanyak konsumsi makanan dengan gizi seimbang, misalnya makanan yang kaya akan serat, lemak sehat, dan protein. Sebaliknya, hindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh, misalnya makanan cepat saji dan olahan, dan kurangi makanan dan minuman tinggi kalori dan gula, seperti minuman soda, es krim, dan cokelat.

2. Berolahraga secara teratur

Pola makan yang sehat juga perlu dilengkapi dengan rutin melakukan olahraga yang bisa membakar kalori, misalnya senam aerobik, jogging, dan olahraga kardio. Agar efektif, sebaiknya berolahraga selama 30 menit sehari.

Selain membantu Anda mendapatkan berat badan ideal, berolahraga secara teratur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi, mencegah penyakit, dan memperbaiki suasana hati.

Namun, jika Anda memiliki penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes, atau hipertensi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan durasi olahraga yang tepat dan aman untuk kondisi kesehatan Anda.

3. Tidur yang cukup

Anda membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mendapatkan berat badan ideal, yaitu 7-9 jam setiap hari. Hal ini dikarenakan kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon yang memicu rasa lapar, sehingga menimbulkan dorongan untuk makan atau ngemil berlebihan di malam hari. 

4. Hindari konsumsi alkohol

Agar berat badan ideal, hindari alkohol. Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terjadinya obebitas, karena kandungan kalori dalam alkohol cukup tinggi.

Selain membantu menurunkan berat badan, tidak minum alkohol juga dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan konsumsi alkohol berlebihan, seperti kerusakan organ hati, ganguan pada jantung, stroke, dan darah tinggi.

Cara diet alami di atas perlu dilakukan secara konsisten, karena hasilnya tidak instan dan terlihat secara bertahap. Anda direkomendasikan untuk menurunkan berat badan tidak lebih dari 0,5-1 kilogram setiap minggu. Jika Anda menurunkan berat badan lebih dari 1 kilogram, justru dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Agar lebih aman untuk kesehatan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan berbagai cara diet alami di atas. Dokter akan merekomendasikan cara-cara diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda untuk mendapatkan berat badan ideal.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout