Blog

5 Vitamin yang Berperan Penting dalam Proses Reproduksi

Vitamin yang Berperan Penting dalam Proses Reproduksi Adalah – Vitamin adalah nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan. Baru-baru ini, dorongan untuk mengonsumsi vitamin semakin disuarakan karena dapat menjaga kekebalan tubuh semasa pandemi. Tapi, fungsi vitamin sendiri tidak sebatas itu.

Ada juga vitamin yang akan mendukung kesuburan seseorang. Beberapa vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi adalah vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Vitamin yang Berperan Penting dalam Proses Reproduksi

Ada banyak nutrisi yang bisa meningkatkan kesuburan. Tapi setidaknya, inilah lima vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi.

1. Vitamin B6

Vitamin B6 adalah vitamin pertama yang berperan penting dalam proses reproduksi. Fungsi utamanya adalah meningkatkan kesuburan. Terutama jika kamu wanita, mengonsumsi vitamin B6 menjadi satu langkah yang cukup baik untuk dicoba.

Dalam prosesnya, vitamin B6 mampu menyehatkan folikel pada ovarium. Selain itu, vitamin ini juga akan menurunkan kadar homocysteine pada tubuh wanita, yang selanjutnya dapat meminimalisir masalah-masalah pada ovulasi. Dengan begitu, peluang kehamilan pun akan meningkat.

Jadi, pada intinya, mengonsumsi vitamin B6 akan membantu peningkatan kualitas pada sel telur. Untuk memperoleh manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi telur, susu, wortel, tuna, salmon, atau hati ayam.

2. Vitamin B9 atau asam folat

Dibandingkan vitamin B6, sebetulnya vitamin yang lebih populer berperan penting dalam proses reproduksi adalah vitamin B9 atau asam folat. Vitamin ini dibutuhkan dalam proses reproduksi wanita maupun pria.

Kalau untuk pria, asupan folat yang optimal akan memberikan pengaruh baiknya pada kadar progesteron. Konsumsi vitamin B9 yang rendah bisa menimbulkan gangguan ovulasi atau menurunkan kualitas sperma yang dibutuhkan dalam proses reproduksi.

Bagi wanita, asam folat akan memperlancar siklus menstruasi. Selanjutnya, sel telur yang dihasilkan juga semakin berkualitas dan terhindar dari risiko cacat.

Jika kamu sudah hamil, mengonsumsi asam folat atau vitamin B6 ini juga akan mendorong produksi sel darah merah yang lebih banyak dalam tubuh. Kemudian, akan mendukung otak janin berkembang dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat baik dari vitamin ini, kamu dapat menjaga asupan makanan yang sehat untuk tubuh. Seperti rutin memakan sayuran hijau di antaranya bayam, brokoli, atau edamame.

3. Vitamin C

Vitamin C dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Tetapi, sebetulnya proses reproduksi juga membutuhkan vitamin C.

Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan tubuh. Di sisi lain, kandungan ini juga dapat menjaga kesuburan tubuh. Salah satunya dengan menyehatkan sperma pada pria.

4. Vitamin D

Banyak vitamin yang dibutuhkan selama proses reproduksi. Berikutnya, ada juga vitamin D yang memiliki peran pada proses ini. Riset-riset menunjukan orang terutama wanita, yang memiliki kadar vitamin D mencukupi dalam tubuhnya, lebih subur, dan mudah mengalami kehamilan.

Memang, organ reproduksi manusia, baik itu wanita ataupun pria, memiliki reseptor khusus untuk vitamin ini, kemudian mendukung metabolisme enzim. Kekurangannya justru membuat risiko infertilitas semakin terbuka.

Dengan kata lain, mengonsumsi vitamin D hingga mencukupi kebutuhan tubuh, dapat menurunkan gangguan-gangguan pada proses ovulasi. Kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan rajin mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, mackerel, atau produk-produk susu dan turunannya.

5. Vitamin E

Usaha untuk meningkatkan kesuburan perlu dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memperhatikan konsumsi vitamin E.

Serupa dengan vitamin C, vitamin E juga mengandung antioksidan tinggi. Artinya, secara umum nutrisi ini akan menyehatkan organ reproduksi dan meningkatkan fungsi dari sperma yang dihasilkan pria. Kekurangannya dapat meningkatkan risiko kerusakan pada testis, yang kemudian berpengaruh pada produksi sperma.

Setelah pembuahan, vitamin E juga tetap dibutuhkan untuk proses integrasi DNA dari sperma serta melindungi sel telur. Untuk menjaga asupan vitamin E, kamu bisa rutin mengonsumsi almond, biji bunga matahari, hingga buah kiwi.

Sebetulnya, selain vitamin, tubuh juga memerlukan nutrisi dari mineral-mineral untuk mendukung proses reproduksi. Di antaranya seng, zat besi atau selenium. Tapi, lima vitamin di atas bisa lebih kamu perhatikan ketika ingin mengoptimalkan proses reproduksi dalam tubuh. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout