Blog

vitamin c 1000mg

Vitamin C 1000mg, Amankah untuk Tubuh?

Vitamin C memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh, sehingga perlu dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat vitamin C bisa didapatkan dari suplemen atau minuman yang mengandung vitamin C 1000mg. Adakah manfaat konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari?

Agar asupan vitamin C tercukupi, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari yang disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia melalui Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada 2013. Adakah manfaat vitamin C 1000mg dan apa efek samping konsumsi vitamin C berlebihan? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Manfaat Suntik Vitamin C dan Efek Sampingnya

Manfaat Vitamin C 1000 mg

Kebutuhan setiap orang akan vitamin C berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Menurut Angka Kecukupan Gizi, anak usia di atas 1 tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40-45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 65-90 mg per hari. Untuk orang dewasa di atas 18 tahun, membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 75-90 mg.

Untuk ibu hamil dan menyusui, asupan vitamin C perlu diperbanyak. Namun, untuk dosis yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan seberapa banyak kebutuhan vitamin C tambahan yang diperlukan.

Perlu diingat, asupan vitamin C harian berdasarkan AKG jauh dari dosis yang ditawarkan berbagai jenis produk suplemen vitamin C. Hal ini dikarenakan sel-sel tubuh manusia tidak bisa menyerap vitamin C berlebihan dalam sehari.

Dikutip dari Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuh manusia hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C per hari. Lebih dari itu, vitamin C tidak akan diserap atau tidak berguna untuk sel-sel tubuh Anda. Penelitian lain dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan bahwa tubuh manusia hanya mampu mengolah 120-200 mg vitamin C per hari.

Menurut standar minimal AKG di atas, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda setiap hari. Oleh karena itu, jika tidak diperlukan, tubuh manusia sebenarnya tidak perlu konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari karena kurang bermanfaat.

Jika pola makan harian Anda tidak bisa memenuhi asupan vitamin C, maka bisa dilengkapi dengan suplemen vitamin C dengan dosis lebih rendah. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C apa pun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Efek Samping Minum Vitamin C Berlebihan

Kelebihan vitamin C merupakan kondisi yang perlu dihindari. Penelitian dari Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board di Amerika Serikat menemukan bahwa batas aman konsumsi vitamin C harian untuk orang dewasa adalah 2000 mg. Ada juga penelitian yang melaporkan bahwa batas aman konsumsi vitamin C harian untuk orang dewasa adalah 1000 mg. Berikut beberapa risiko yang mungkin terjadi jika mengonsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg setiap hari:

  • Gula darah naik. Hal ini dikarenakan vitamin C 1000 mg setara dengan minuman yang mengandung gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak.
  • Refluks asam lambung (GERD). Gejalanya berupa sulit menelan, kerongkongan panas, dan mulut terasa asam atau pahit.
  • Gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mual, diare, sembelit, muntah, dan kembung.
  • Batu ginjal
  • Sakit kepala
  • Susah tidur atau insomnia

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout