Blog

vitamin daya tahan tubuh

Senjata di Masa Pandemi, Ini 6 Vitamin Daya Tahan Tubuh

Gaya hidup sehat dengan pola makan yang seimbang merupakan kunci agar daya tahan tubuh tetap kuat dan tidak mudah sakit. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh yang penting untuk menjaga imun tubuh di masa pandemi.

Meski tubuh tidak bisa memproduksi vitamin, namun Anda dapat memenuhi asupan vitamin daya tahan tubuh melalui sumber lain, yaitu makanan. Apa saja jenis vitamin yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh? Berikut penjelasannya.

Jenis Vitamin Daya Tahan Tubuh

Tubuh membutuhkan beragam jenis vitamin agar dapat berfungsi dengan baik dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Vitamin C

Rutin mengonsumsi vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kekurangan vitamin C dapat membuat Anda lebih rentan terkena penyakit, seperti flu dan sariawan. Beberapa makanan yang tinggi vitamin C, antara lain jeruk, paprika, brokoli, bayam, dan strawberry.

  1. Vitamin D

Selain menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, vitamin D juga dapat meningkatkan imun tubuh. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D, antara lain keju, kuning telur, salmon, tuna, serta hati sapi.

  1. Vitamin A

Vitamin A memiliki efek yang menyerupai antioksidan yang berrfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Konsumsi makanan yang tinggi karotenoid, seperti ubi, labu kuning, dan wortel. Karotenoid akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

  1. Vitamin E

Selain meningkatkan imun tubuh, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh melawan infeksi penyakit. Manfaat vitamin E bisa Anda dapatkan melalui brokoli, biji-bijian, bayam, serta kacang-kacangan.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 berfungsi untuk memproduksi antibodi dan sel darah putih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mengikat oksigen, sehingga kebutuhan oksigen terpenuhi dengan baik. Berkat manfaatnya tersebut, vitamin B6 dikenal sebagai vitamin untuk tubuh lemah dan lesu. Sumber vitamin B6, antara lain salmon, ayam, tuna, dan sayuran berdaun hijau.

  1. Vitamin B9

Vitamin yang juga dikenal sebagai asam folat ini sangat penting untuk daya tahan tubuh. Asam folat berperan penting dalam pengaturan serta perkembangan sel tubuh dan DNA. Selain meningkatkan imun tubuh, vitamin B9 juga efektif dalam meningkatkan energi dalam tubuh yang lemah. Sumber vitamin B9, antara lain sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

Nutrisi yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Selain vitamin daya tahan tubuh di atas, Anda juga perlu melengkapinya dengan nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh Anda. Berikut beberapa nutrisi daya tahan tubuh yang dapat Anda konsumsi:

  1. Zat Besi

Zat besi bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan zat besi berperan penting dalam membantu penyaluran oksigen ke dalam sel-sel tubuh. Sumber zat besi, antara lain brokoli, ayam, kacang-kacangan, dan berbagai produk laut.

  1. Selenium

Mineral untuk meningkatkan sistem imun tubuh lainnya adalah selenium. Anda bisa mendapatkan manfaat selenium dalam tuna, ikan sarden, bawang putih, jelai (barley), dan brokoli.

  1. Zinc

Zinc berfungsi untuk membantu mengatur peradangan dalam tubuh dan mencegah respon sistem imun yang berlebihan. Beberapa makanan tinggi zinc, antara lain daging rendah lemak, ayam, yogurt, kepiting, serta kerang.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout