Blog

Lalu, apa saja buah yang mengandung vitamin B kompleks? Berikut informasi selengkapnya.

Rekomendasi Buah yang Mengandung Vitamin B Kompleks

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Buah-buahan dikenal sebagai sumber alami vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, buah ternyata juga kaya akan vitamin B yang tidak kalah penting untuk tubuh. Ketahui lebih lanjut mengenai beragam buah yang mengandung vitamin B kompleks.

Dikutip dari Sara Ipatenco, seorang penulis kesehatan dan nutrisi, di livestrong.com, buah mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Lalu, apa saja buah yang mengandung vitamin B kompleks? Berikut informasi selengkapnya.

Manfaat Vitamin B

Vitamin B berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, salah satunya mendukung enzim untuk menjalankan beragam fungsi, misalnya mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi, memecah asam amino, serta menyuplai oksigen dan energi ke seluruh tubuh.

Vitamin B juga mendukung pertumbuhan sel dan sebagian vitamin B dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang penting untuk sel darah merah. Hemoglobin adalah bentuk protein dan zat besi yang memberi warna merah pada darah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, ada beragam manfaat vitamin B untuk tubuh, yaitu:

  1. Fungsi sistem kekebalan tubuh

Vitamin B6 atau piridoksin berfungsi untuk mendukung reaksi biokimia di sistem kekebalan tubuh Anda. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B untuk melengkapi kebutuhan vitamin B yang kurang dari makanan.

2. Kesehatan otak

Penelitian menemukan bahwa semakin tercukupinya kebutuhan vitamin B di darah, semakin baik kinerja daya ingat dan konsentrasi, pemecahan masalah, serta menyusun kata dan kalimat.

3. Pencegahan penyakit

Vitamin B6 dan B12 diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Namun, ada juga suatu penelitian yang menemukan bahwa penggunaan vitamin B6 dan B12 dalam jangka panjang mungkin meningkatkan risiko kanker paru-paru pada pria.

Beragam Buah yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Dikutip dari buavita.co.id dan SehatQ.com, berikut daftar buah yang mengandung vitamin B kompleks:

1. Nanas

Nanas adalah buah yang kaya akan vitamin B1 atau tiamin. Tiamin bermanfaat untuk meningkatkan daya pikir dan mengurangi risiko kepikunan. Untuk mendapatkan manfaat nanas, konsumsi secara langsung atau diolah sebagai tambahan rujak manis.

2. Jeruk Limau gedang

Jeruk limau gedang atau disebut dengan grapefruit adalah sejenis jeruk dengan kandungan air yang tinggi. Selain itu, menurut Sara Ipatenco, buah ini kaya akan vitamin B2 atau riboflavin yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah agar fungsi tubuh tetap optimal.

3. Semangka

Buah yang mengandung vitamin B kompleks lainnya adalah semangka. Buah dengan rasa manis dan menyegarkan ini mengandung vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan otak.

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang tidak boleh dilewatkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B harian. Menurut Sara Ipatenco, jeruk kaya akan vitamin B5 atau asam pantotenat yang berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda rutin mengonsumsi jeruk agar kesehatan tubuh terjaga.

5. Pisang

Pisang kaya akan vitamin B dan zat besi yang dapat mengurangi risiko anemia. Selain itu, rutin mengonsumsi pisang dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

6. Apel

Apel adalah buah yang mengandung vitamin B kompleks lainnya. Kandungan vitamin B pada apel bermanfaat untuk mendukung fungsi neurotransmitter di otak, sehingga membantu meningkatkan fungsi memori. Selain itu, apel kaya akan flavonoid yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

7. Melon

Kandungan vitamin B yang lengkap pada melon bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja jantung dan mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, melon adalah buah yang dapat menyegarkan tubuh.

8. Peach

Dengan kulit berwarna merah, peach atau buah persik sekilas mirip apel. Namun, peach ternyata juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan berkat kandungan vitamin B di dalamnya. Menurut Sara Ipatenco, peach mengandung vitamin B3 atau niasin yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saraf otak, sehingga membantu Anda berpikir dengan jernih dan fokus ketika beraktivitas.

9. Alpukat 

Alpukat adalah buah dengan kandungan beragam vitamin dan mineral, salah satunya vitamin B6. Satu cangkir alpukat (150 gram) menyediakan kebutuhan asam folat sebanyak 30% dan vitamin B6 sebanyak 23%. Selain itu, alpukat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan jika disertai dengan diet yang tepat dan olahraga teratur, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan suasana hati, meningkatkan energi, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kekuatan tulang.

Kebutuhan Vitamin B Harian

Vitamin B kompleks terdiri dari delapan jenis vitamin B dengan manfaat berbeda. Kombinasi delapan zat tersebut akan memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan tubuh. Lalu, seberapa banyak kebutuhan vitamin B harian? Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, berikut dosis vitamin B yang dianjurkan berdasarkan jenis kelamin:

  1. Vitamin B1

Wanita: 0,8 miligram

Pria: 1 miligram

2. Vitamin B2

Wanita: 1,1 miligram

Pria: 1,3 miligram

3. Vitamin B3

Wanita: 13 miligram

Pria: 17 miligram

4. Vitamin B5

Wanita: 5 miligram

Pria: 5 miligram

5. Vitamin B6

Wanita: 1,2 miligram

Pria: 1,4 miligram

6. Vitamin B7

Orang dewasa: 25 – 30 mikrogram

7. Vitamin B9

Orang dewasa: 0,2 miligram

8. Vitamin B12

Orang dewasa: 1,5 mikrogram

Selain itu, dosis suplemen vitamin B9 harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil atau wanita sedang menjalani program kehamilan adalah 0,4 miligram atau setara dengan 400 mikrogram. Namun, untuk ibu yang memiliki riwayat melahirkan bayi dengan spina bifida, dosis vitamin B9 harian yang dianjurkan adalah 4-5 miligram atau setara dengan 4.000-5.000 mikrogram.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B harian, Anda perlu mengonsumsi beragam buah yang mengandung vitamin B kompleks dan sumber vitamin B alami lainnya. Jika kebutuhan vitamin belum tercukupi dari makanan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B. Namun, hindari penggunaan suplemen vitamin dengan bahan aditif untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan. Pilih produk suplemen yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga keamanannya teruji.

Dapatkan beragam manfaat vitamin B untuk tubuh dengan Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C. Dengan vitamin B kompleks dan vitamin C, Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, sehingga Anda bisa beraktivitas secara optimal.Beli Di sini

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout