Blog

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin B Kompleks? Ini Penjelasannya

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin B yang memiliki beragam manfaat berbeda untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Vitamin ini dapat mengubah makanan menjadi energi di tubuh, memecah asam amino, memproduksi sel darah merah, mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, dan mendukung perkembangan otak janin dan mengurangi risiko cacat lahir. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B. Namun, jika tubuh kekurangan vitamin B, penggunaan suplemen vitamin B bisa menjadi pilihan. Lalu, kapan waktu terbaik minum vitamin B kompleks?

Suplemen vitamin B dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan vitamin B yang kurang dari makanan. Tubuh yang kekurangan vitamin B berisiko beragam penyakit, misalnya gangguan pencernaan, anemia, dan infeksi. Suplemen vitamin B umumnya bisa dikonsumsi setiap hari, karena bersifat larut dalam air, sehingga akan dikeluarkan melalui urin dan tidak menumpuk di tubuh. Namun, agar manfaatnya bisa didapatkan secara optimal, Anda perlu mengonsumsi vitamin B di waktu yang tepat. Sebelum mengetahui waktu terbaik minum vitamin B kompleks, berikut penjelasan mengenai delapan jenis vitamin B dan manfaatnya.

Ketahui Jenis Vitamin B dan Manfaatnya

Vitamin B bisa didapatkan melalui beragam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya daging, ikan, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Ada delapan jenis vitamin B dengan manfaatnya yang perlu diketahui:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 berfungsi untuk meningkatkan fungsi sel-sel di tubuh dan membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 bermanfaat untuk membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga dapat mengurangi risiko anemia. Vitamin ini juga dapat meningkatkan kesehatan jaringan di tubuh.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 dibutuhkan tubuh untuk pembentukan energi dan kolesterol baik. Vitamin yang juga disebut niasin ini juga bersifat antioksidan dan bisa membantu mencegah kerusakan sel-sel otak.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 berfungsi untuk mendukung sel-sel di tubuh untuk memecah lemak, sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), terutama pada pengidap dislipidemia.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 berperan penting untuk perkembangan otak, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Vitamin B6 juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengurangi morning sickness di awal kehamilan.

6. Vitamin B7

Vitamin B7 bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar gula darah, sehingga dapat mengurangi gejala diabetes. Selain itu, vitamin B7 berfungsi untuk penyembuhan saraf, terutama pada pengidap multiple sclerosis.

7. Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat dikenal sebagai vitamin esensial untuk ibu hamil, karena berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Asam folat juga bermanfaat untuk mengurangi risiko beragam penyakit dan membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi.

8. Vitamin B12

Vitamin B12 dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi organ-organ tubuh, misalnya saraf, sel darah merah, dan otak. Selain itu, vitamin B12 dibutuhkan untuk metabolisme tubuh dan pembentukan DNA.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Suplemen Vitamin B Kompleks?

Agar manfaat vitamin B bisa didapatkan secara optimal, Anda perlu mengikuti aturan minum suplemen vitamin B yang tepat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin B kompleks terdiri dari delapan jenis vitamin esensial. 

Dikutip dari Prof Zullies Ikawati, Guru Besar Fakultas Farmasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, vitamin B menawarkan beragam manfaat, misalnya meningkatkan fungsi saraf, membantu meningkatkan daya ingat, dan mengurangi stres. Lalu, vitamin B kompleks sebaiknya diminum kapan? Berikut aturan minum suplemen vitamin B kompleks yang perlu diterapkan:

  1. Pagi hari sebelum sarapan

Menurut para ahli yang dipublikasikan di Hello Doctor Philippines, vitamin B kompleks sebaiknya diminum di pagi hari sebelum sarapan atau ketika perut kosong. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, vitamin B kompleks bisa diserap dengan baik, sehingga vitamin B kompleks dapat meningkatkan fungsi otak dan mendukung metabolisme secara optimal.

Selain itu, vitamin B kompleks bisa membantu tubuh menyediakan energi yang diperlukan untuk beraktivitas sehari-hari jika diminum di pagi hari. Konsumsi suplemen vitamin B sebelum sarapan juga bisa meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat mencerna sarapan secara lebih baik dan mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan. Namun, jika Anda mengidap gangguan pencernaan, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B, karena vitamin tersebut berisiko memicu gangguan pencernaan, seperti mual, jika dikonsumsi ketika perut kosong.

2. Bisa diminum kapan saja sesuai dengan kebutuhan

Dikutip dari Ashley Jordan Ferira, seorang ahli gizi tersertifikat, vitamin B kompleks bisa diminum kapan saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Menurut Ferira, manfaat vitamin B dibutuhkan setiap hari, bukan setiap minggu atau setiap bulan. Hal ini dikarenakan vitamin B adalah vitamin larut air, sehingga mudah diserap dan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Selain itu, menurut Ferira, vitamin B kompleks bisa dikonsumsi, baik ketika perut kosong atau setelah makan, asalkan diminum secara bersamaan dengan minum air putih.

3. Dikonsumsi satu hingga dua jam setelah makan

Pendapat berbeda disampaikan oleh Jess Cording, seorang ahli terdaftar. Menurut Cording, suplemen vitamin B kompleks sebaiknya diminum satu hingga dua jam setelah makan. Namun, jika mengalami mual, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B kompleks secara bersamaan dengan makanan.

Itulah penjelasan mengenai aturan minum vitamin B kompleks yang benar. Namun, penggunaan vitamin B kompleks yang tidak tepat berisiko menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, jika Anda mengidap penyakit tertentu, konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks agar tidak memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Dokter bisa merekomendasikan cara penggunaan vitamin B kompleks yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika ada pertanyaan atau ragu mengenai dosis dan jenis suplemen vitamin B yang tepat, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis dan dosis yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Agar kebutuhan vitamin B tercukupi, konsumsi beragam makanan kaya akan vitamin B. Namun, jika Anda kekurangan vitamin B, lengkapi dengan Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C. Diperkaya dengan vitamin B kompleks dan vitamin C, Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, sehingga Anda bisa beraktivitas secara optimal.

Beli Di sini 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout