Blog

makanan penambah darah

Cegah Anemia dengan 6 Makanan Penambah Darah Ini

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tubuh yang kekurangan zat besi mengakibatkan anemia yang ditandai dengan beberapa gejala, seperti pusing, lemas, sesak napas, dan jantung berdebar. Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu memenuhi asupan makanan penambah darah.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menambah darah untuk mencegah anemia. Makanan tersebut, antara lain sayuran hijau, daging, hingga biji-bijian. Sebelum membahas makanan penambah darah lebih dalam, mari ketahui asupan zat besi yang diperlukan tubuh berikut.

Asupan Zat Besi yang Dianjurkan

Asupan zat besi setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan tubuh. Berikut nilai angka kecukupan zat besi yang dianjurkan berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2019:

  1. Remaja: 15 mg
  2. Pria dewasa: 9-11 mg
  3. Perempuan dewasa: 18 mg
  4. Ibu hamil dan menyusui: 19-27 mg

Jenis Makanan Penambah Darah

Makanan penambah darah diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi asupan zat besi harian. Hal ini penting untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap sehat. Berikut 5 makanan tinggi zat besi yang bisa Anda konsumsi:

Sereal

Anda gemar sarapan dengan sereal? Pertahankan kebiasaan baik ini. Sereal bermanfaat untuk menambah darah dan meningkatkan asupan zat besi harian Anda. Selain zat besi, pilih sereal yang juga diperkaya dengan kandungan nutrisi penting lainnya, seperti protein dan karbohidrat. Untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya hindari sereal yang mengandung gula tambahan.

Daging Merah dan Unggas

Sumber zat besi hewani yang baik untuk menambah darah termasuk daging merah dan unggas. Di dalam 100 gram daging merah, seperti daging kambing dan daging sapi, mengandung sekitar 2,7 mg zat besi. Dengan rutin mengonsumsi daging merah, Anda sudah memenuhi 15% asupan zat besi harian. Sedangkan, dalam 100 gram daging unggas, seperti ayam dan bebek, dapat memenuhi 13% asupan zat besi harian Anda.

Makanan Laut

Anda pencinta seafood? Ada kabar baik. Makanan laut memiliki khasiat untuk menambah darah dan mencegah anemia. Beberapa makanan laut yang dapat Anda konsumsi, antara lain kerang, kepiting, tiram, serta udang. Selain itu, berbagai jenis ikan, seperti ikan kembung, tuna, dan salmon, juga termasuk makanan penambah darah karena kaya akan kandungan zat besi.

Sayuran Hijau

Rutin mengonsumsi sayuran hijau dapat mencegah kekurangan darah pada tubuh. Beberapa jenis sayuran hijau yang dapat Anda konsumsi, antara lain bayam dan brokoli. Selain tinggi zat besi, sayuran hijau juga kaya akan vitamin C. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membantu mempercepat penyerapan zat besi.

Kacang dan Biji-Bijian

Jenis makanan yang baik untuk menambah darah lainnya adalah kacang dan biji-bijian. Antara lain, kacang kedelai, kacang mete, biji bunga matahari, serta biji labu. Selain kaya akan zat besi, kacang dan biji-bijian juga tinggi kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan dan kekuatan tulang.

Mulailah rutin mengonsumsi makanan penambah darah agar Anda terhindar dari anemia. Selain zat besi, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh, seperti sayuran, jeruk, melon, tomat, dan paprika.

Jika Anda mengalami gejala anemia dan tidak membaik setelah mengonsumsi berbagai jenis makanan di atas, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout