Blog

cara mengobati pilek

6 Cara Mengobati Pilek: Istirahat Cukup Hingga Konsumsi Vitamin C

Salah satu penyakit yang sering menyerang saat musim pancaroba adalah pilek. Hal ini dikarenakan meningkatnya polusi udara di lingkungan saat musim pancaroba. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengobati pilek yang bisa Anda lakukan.

Pilek biasanya menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Gejalanya berupa hidung berair, hidung tersumbat, batuk, tenggorokan terasa sakit, tubuh terasa nyeri, serta suhu tubuh meningkat. Berikut 6 cara mengobati pilek yang mudah dan cepat:


1. Minum obat dekongestan

Salah satu cara mudah dan cepat mengobati pilek adalah minum obat dekongestan. Dekongestan adalah obat pelega pernapasan yang bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah di hidung dan menjaga rongga hidung tetap terbuka. Beberapa jenis obat dekongestan yang dijual secara bebas di apotek, antara lain pseudoepherine dan phenylephrine.

2. Minum obat penekan batuk

Salah satu gejala pilek adalah batuk. Oleh karena itu, cara mengobati pilek berikutnya adalah minum obat penekan batuk. Jenis obat ini berfungsi untuk membantu mengurangi gejala batuk. Namun, berbeda dengan jenis ekspektoran, obat penekan batuk hanya digunakan untuk mengatasi batuk kering. Contohnya, dextromethorphan.

3. Memenuhi asupan vitamin C

Vitamin C sejak lama dipercaya bermanfaat untuk mencegah pilek dan mempersingkat serangan pilek. Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi asupan vitamin C setiap hari dengan berbagai cara, mulai dari mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti kiwi dan stroberi, mengonsumsi sayuran hijau, hingga minum jus jeruk. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang dijual secara bebas di apotek. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena kelebihan vitamin C juga berbahaya untuk kesehatan.

4. Istirahat cukup

Salah satu cara mengobati pilek yang cepat adalah istirahat cukup. Ambil waktu untuk dapat beristirahat yang cukup agar proses penyembuhan pilek berjalan optimal. Sediakan waktu untuk tidur siang dan pastikan tidur malam Anda cukup, yaitu selama minimal 8 jam. Dengan istirahat cukup, tubuh akan memiliki cukup energi untuk melawan virus dan penyakit. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala flu, seperti hidung meler atau tersumbat, cobalah untuk tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk membantu mengeringkan rongga hidung, sehingga tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

5. Jaga tubuh tetap hangat

Cara mengobati pilek lainnya adalah menjaga tubuh Anda tetap hangat. Selama beristirahat di rumah, sebaiknya selimuti tubuh Anda agar tetap hangat. Selain membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman, suhu hangat saat berselimut dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari flu dan pilek.

6. Bersihkan hidung dengan tepat

Anda mengalami hidung berlendir? Sebaiknya segera bersihkan dengan cara yang tepat. Namun, hindari membersihkan hidung terlalu keras atau terlalu sering, karena justru akan membuat lendir terperangkap di dalam rongga sinus dan berisiko memicu peradangan. Oleh karena itu, lakukan cara membersihkan hidung yang benar, yaitu tutup satu lubang hidung dengan menggunakan jari, kemudian bersihkan lubang hidung lainnya secara perlahan. Ulangi cara yang sama untuk lubang hidung sebelahnya. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah penularan penyakit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout