3 Cara Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

kadar gula darah normal

3 Cara Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Menjaga kadar gula dalam darah tetap normal sangat penting agar terhindar dari penyakit diabetes mellitus serta komplikasinya. Selain itu, menjaga kadar gula dalam darah tetap normal juga penting bagi penderita diabetes untuk mencegah perburukan kondisi dan komplikasi dari penyakit. 

Mengetahui kadar gula dalam darah akan membantu Anda untuk hidup lebih sehat. Apa yang dimaksud dengan gula (glukosa) dan fungsinya bagi tubuh, serta bagaimana cara menjaga kadar gula dalam darah tetap normal? Berikut penjelasannya.

Gula (Glukosa) dan Fungsinya bagi Tubuh

Glukosa adalah molekul gula sederhana yang menjadi sumber energi utama untuk setiap sel dan jaringan tubuh. Glukosa dihasilkan dari proses metabolisme dalam tubuh yang dimulai  dengan pemecahan karbohidrat dari makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang, sayur dan buah yang dilakukan oleh enzim pencernaan yang ada di mulut. Setelah karbohidrat dipecah menjadi glukosa, gula sederhana ini akan diserap oleh usus dan masuk dalam darah (dikenal dengan gula darah) yang selanjutnya didistribusikan ke seluruh tubuh.

Dalam proses metabolisme, sel tubuh tidak langsung mengubah glukosa menjadi energi, tubuh membutuhkan insulin, yaitu suatu hormon yang dilepaskan pankreas untuk membantu penyerapan gula darah pada sel sekaligus mengubah glukosa menjadi glikogen (cadangan energi). Insulin akan dilepaskan pankreas untuk merespons ketika gula darah meningkat. Hormon insulin berperan dalam mengatur metabolisme karbohidrat dan pada kondisi tertentu, fungsi pankreas atau hormone insulin ini mungkin dapat terganggu dan menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya adalah diabetes.

Kadar Gula Darah Normal

Berikut kisaran kadar gula darah normal dalam satuan miligram per desiliter (mg/dL) yang perlu Anda ketahui:

  • Gula darah puasa (setelah tidak makan selama 8 jam): 70-99 mg/dL.
  • Satu sampai dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL.
  • Gula darah sebelum tidur: 100-140 mg/dL.
  • Gula darah sewaktu: kurang dari 200mg/dL

Seseorang bisa dikatakan memiliki gula darah tinggi jika gula darah sewaktunya lebih dari 200 mg/dL atau 11 mmol/L. Sedangkan, seseorang bisa dikatakan memiliki gula darah rendah jika kadarnya turun di bawah 70 mg/dL.

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Menjaga kadar gula darah tetap normal berarti menjaga hidup tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol gula darah:

1. Rutin bergerak dan olahraga

Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin. Hal ini membuat sel tubuh dapat menyerap glukosa dengan lebih baik, sehingga gula darah yang naik setelah makan bisa kembali normal dalam waktu cepat.

2. Menerapkan pola makan sehat

Pola makan sehat akan membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Konsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang, seperti mengandung vitamin, mineral, protein, serat, dan karbohidrat. Selain itu, Anda perlu membatasi atau menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan gula.

3. Kelola stres dengan baik

Mengelola stres dengan baik juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Hal ini dikarenakan hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, dapat meningkatkan gula darah. Stres berkepanjangan dapat menguras energi dan tenaga, sehingga Anda menjadi lebih jarang beraktivitas. Selain itu, stres juga bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh. Kedua hal tersebut meningkatkan risiko penyakit, diabetes.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout