Blog

warna cat kamar tidur yang menenangkan

5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

Kualitas tidur tidak hanya dipengaruhi oleh berapa lama Anda tidur, namun juga ditentukan oleh kondisi dan lingkungan kamar tidur. Salah satu caranya adalah dengan memilih warna cat kamar tidur yang menenangkan.

Kamar tidur merupakan tempat beristirahat agar Anda bisa bangun dalam keadaan yang lebih segar keesokan harinya. Agar tidur Anda bisa nyenyak, berikut pilihan warna cat kamar tidur yang menenangkan untuk diterapkan di kamar tidur.

Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

Penelitian oleh Han Gao dari Department of Psychology of Richmond, Virginia, Amerika Serikat, menemukan bahwa seseorang yang tidur dalam kamar dengan nuansa kamar yang berwarna lebih gelap memperoleh rasa tenang, puas, dan damai, sehingga menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik. Berikut pilihan warna cat kamar tidur yang menenangkan:

1. Biru langit

Warna yang satu ini merupakan salah satu pilihan utama untuk mencerahkan dan menenangkan suasana ruangan. Warna biru jernih mengingatkan pada warna langit yang indah tanpa awan, sehingga membuat suasana kamar menjadi lebih kalem dan sejuk.

2. Sage gray

Warna abu-abu yang sedikit gelap atau sage gray dapat memberikan suasana kalem yang menenangkan tidur Anda. Tambahkan sedikit warna hijau untuk menciptakan sensasi seperti spa saat sedang memasuki kamar tidur.

3. Sage green

Warna sage green berada di tengah spektrum warna yang dapat membuat suasana kamar menjadi terasa lembut dan nyaman, serta sejuk. Menurut Donald Kaufman, seorang desainer interior dari New York, yang dikutip dari House Beautiful, warna hijau berada di tengah spektrum warna yang dapat menciptakan kehangatan dan kesejukan.

4. Hijau mint

Jenis warna hijau lainnya yang dapat menciptakan ketenangan dan kenyamanan pada interior kamar tidur adalah hijau mint. Mint merupakan tanaman yang dikenal segar dan dingin, sehingga bisa membentuk stigma sebagai salah satu warna yang menenangkan dan menyejukkan.

5. Earthy tan

Pilihan warna cat kamar tidur yang bisa menenangkan Anda lainnya adalah earthy tan. Selain membangkitkan ketenangan, earthy tan juga bisa memberi kesegaran. Untuk mendekorasi kamar tidur dengan warna dinding ini, Anda bisa memadukannya dengan elemen kayu alami yang lembut atau warna putih. Jika Anda menginginkan warna kamar tidur yang tidak terlalu mencolok, tidak terlalu dingin, dan sedikit kesan hangat, earthy tan bisa Anda coba.

Tips Memilih Warna Cat Kamar Tidur

Berikut tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih warna yang sesuai dengan kamar tidur Anda:

1. Memilih warna pastel

Warna-warna pastel sangat populer digunakan untuk dekorasi kamar tidur. Beberapa warna pastel yang sering dipilih, antara lain biru lembut, merah muda pucat, dan hijau lembut.

2. Memilih warna netral

Selain terlihat bersih, warna-warna netral juga mudah dikombinasikan dengan warna-warna lainnya, seperti warna-warna cerah dari seprai tempat tidur, karpet, gorden, atau hiasan dinding.

3. Warna krem untuk kesan lapang

Warna krem dapat menghadirkan kesan lapang dan hangat pada kamar yang berukuran kecil. Tambahkan karpet atau lukisan yang senada dengan warna cat kamar tidur agar tidak monoton.

Itulah rekomendasi warna cat kamar tidur yang menenangkan untuk Anda terapkan di rumah. Tertarik mencobanya?

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout