Blog

Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Wajib di Masa Pandemi: Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Di masa pandemi, memiliki sertifikat vaksin menjadi kebutuhan tersendiri. Tidak hanya untuk menunjukkan status kesehatan Anda, sertifikat vaksin juga digunakan sebagai syarat wajib saat menggunakan berbagai fasilitas publik. Untuk memiliki sertifikat vaksin, Anda bisa melakukannya dengan cara cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi.

Anggapan bahwa sertifikat vaksin harus dicetak sebenarnya salah kaprah. Untuk memiliki sertifikat vaksin, sebenarnya Anda tidak perlu mencetaknya. Ada dua cara mudah yang telah disediakan oleh pemerintah untuk mengakses sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Apa dan bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut.

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Untuk mengakses sertifikat vaksin di Pedulilindungi, Anda tidak perlu repot mencetaknya. Pemerintah telah menyediakan dua cara mudah, yaitu melalui situs web resmi dan aplikasi. Berikut caranya.

  1. Situs Web Resmi

● Kunjungi situs PeduliLindungi di https://www.pedulilindungi.id

● Login dengan akun yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun, daftarkan dengan klik Buat Akun Peduli Lindungi, dan masukkan data yang dibutuhkan.

● Jika sudah memiliki akun, isi kolom login dengan nomor ponsel atau email yang digunakan saat mendaftar. 

● Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel untuk keamanan.

● Masukkan nomor yang telah didaftarkan untuk melengkapi proses login.

● Masukkan data pribadi berupa nama lengkap, NIK, atau nomor paspor, tanggal lahir, tanggal vaksinasi, dan jenis vaksin yang diterima. Klik tombol “Periksa” untuk menampilkan hasilnya.


2. Aplikasi

● Untuk mengakses aplikasi Pedulilindungi, Anda harus memiliki akun yang dapat didaftarkan dengan nomor ponsel atau e-mail.

● Setelah memiliki akun, login ke aplikasi Pedulilindungi dengan menggunakan nomor ponsel atau e-mail yang terdaftar. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

● Untuk cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi, klik menu “Akun” di bagian atas halaman aplikasi.

● Pilih menu “Sertifikat Vaksin”, kemudian akan ditampilkan nama lengkap pengguna yang terdaftar.

● Klik nama itu, lalu akan muncul sertifikat vaksin pertama dan kedua, serta tanggal dan lokasi vaksin.

● Jika ingin memperbesar sertifikat, klik gambar vaksin yang tersedia. Jika ingin mengunduh sertifikat, klik gambar vaksin dan tekan “Unduh Sertifikat”.

Pentingnya Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Dengan mengetahui cara cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi, maka akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan Aplikasi Pedulilindungi akan menjadi kebutuhan dalam penggunaan fasilitas publik di masa pandemi. Selain itu, secara serentak pada 28 Agustus, Kementerian Perhubungan menerapkan aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat untuk menggunakan semua moda transportasi, baik darat, laut, udara, dan kereta api. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menuturkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan operator-operator transportasi sebagai persiapan penerapan aplikasi Pedulilindungi. “Dengan diterapkannya aplikasi Pedulilindungi, diharapkan pengelolaan mobilitas di tengah pandemi bisa berjalan dengan baik,” ujar Budi.

Pastikan Anda mengetahui cara cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunduhnya di smartphone berbasis Android dan iOS. Ada beberapa menu yang dapat membantu Anda untuk melakukan cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi, yaitu pendaftaran vaksin, paspor digital, info penting, tele dokter, serta cek sertifikat vaksin.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout