Blog

nik tidak terdaftar di pedulilindungi

NIK Tidak Terdaftar di Pedulilindungi? Lakukan 3 Cara Ini

Ingatkah Anda kasus seorang warga di Cikarang yang gagal mendapatkan vaksin karena NIK miliknya sudah digunakan oleh warga negara asing? Hal ini tentunya sangat merugikan. Kejadian NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi bisa menyebabkan Anda gagal mendapatkan vaksinasi atau terlambat mendapatkan dosis kedua yang sudah dijadwalkan.

Selain itu, NIK yang sesuai KTP sangat penting untuk mengakses aplikasi dan situs web resmi Pedulilindungi. Mencegah NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi dapat meminimalisir data jika Anda tertulis belum divaksin atau divaksin di atas dosis yang seharusnya. Jika Anda mengalami NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi, berikut solusi yang bisa Anda lakukan.

Solusi Jika NIK Tidak Terdaftar di Pedulilindungi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi. Dikutip dari situs resmi Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, berikut beberapa di antaranya.

  1. Keluhan Melalui WhatsApp

Cara ini merupakan solusi NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi yang mudah Anda lakukan. Anda cukup mengirim pesan keluhan melalui WhatsApp ke nomor resmi yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yaitu 0812-1100-0510. Nomor kontak WhatsApp ini bersifat sangat resmi karena terverifikasi sebagai WhatsApp Business.

  1. Aduan Melalui Email 

Untuk mengirim keluhan NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi, Anda bisa kirimkan melalui email ke Pedulilindungi@kominfo.go.id. Alamat email ini sudah diverifikasi sebagai email resmi, karena menggunakan domain kominfo.go.id atau dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

  1. Panggilan ke Call Center

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa mengadukan permasalahan melalui Call Center Pedulilindungi. Anda bisa melakukan panggilan ke (021) 3808888 atau call center 119 ext 9 untuk segera mendapatkan solusinya.

Ketiga cara untuk mengatasi NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi di atas berlaku secara nasional. Jadi, Anda bisa menghubungi WhatsApp, nomor telepon, dan email, dari wilayah apa saja.

Penyebab NIK Tidak Terdaftar di Pedulilindungi

Tidak terdaftarnya NIK di Pedulilindungi bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, antara lain:

  1. Data diri yang tidak lengkap

Sebelum vaksin, calon peserta vaksin akan mengisi data diri. Data tersebut, antara lain nama, tempat dan tanggal lahir, NIK/KTP, dan lainnya. Jika data Anda tidak sesuai atau tidak lengkap, maka akan berpengaruh pada data final.

  1. Kesalahan Input Data

Penyebab berikutnya bisa disebabkan karena kelalaian petugas kesehatan saat memasukkan data peserta vaksin. Cek ulang untuk memastikan kesesuaian data yang diminta.

  1. Nomor Ponsel Tidak Sesuai

Nomor ponsel yang tidak sesuai dengan nomor ponsel yang semula terdaftar di formulir vaksinasi bisa menjadi salah satu penyebab. Saat login, pastikan nomor ponsel yang Anda masukkan sesuai dengan nomor yang semula Anda daftarkan.

Dengan terus digencarkannya program vaksinasi untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok, maka kini sertifikat vaksin digunakan sebagai syarat wajib untuk menggunakan berbagai fasilitas umum. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan sertifikat vaksin, pemerintah telah menyediakan dua cara, yaitu melalui situs web dan aplikasi resmi Pedulilindungi. Untuk mendapatkan sertifikat vaksin, Anda perlu memasukkan data yang lengkap dan sesuai untuk menghindari NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi.

Itulah penjelasan tentang cara untuk mengatasi NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi. Pastikan Anda melakukan cara-cara di atas agar bisa mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout