Blog

vitamin penambah nafsu makan

Vitamin Penambah Nafsu Makan Tanpa Efek Samping

Untuk mewujudkan berat badan ideal, banyak cara yang dilakukan oleh orang yang merasa berat badannya kurang atau kurus. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan.

Meski vitamin ini banyak dicari oleh orang tua untuk meningkatkan berat badan anaknya, namun ternyata banyak orang dewasa yang juga menggunakannya. Apa saja vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa? Simak penjelasannya berikut.

Adakah Vitamin Penambah Nafsu Makan?

Sebagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh, vitamin berfungsi untuk membantu beragam fungsi tubuh agar berjalan dengan baik. Asupan vitamin yang cukup akan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan membantu sistem imun berjalan dengan baik agar tubuh tidak mudah sakit.

Meski tidak ada jenis vitamin yang berdampak langsung pada peningkatan nafsu makan, namun vitamin seperti asam folat dan vitamin B1, secara tidak langsung dapat memengaruhi nafsu makan. Selain itu, perlu diingat, konsumsi vitamin D secara berlebihan berefek pada penurunan nafsu makan.

Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Dewasa

Kebutuhan orang dewasa akan vitamin lebih besar dibandingkan anak-anak, termasuk jenis vitamin untuk meningkatkan nafsu makan. Berikut beberapa vitamin yang dapat meningkatkan nafsu makan:

  1. Asam Folat (vitamin B9)

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang berfungsi untuk membentuk DNA, RNA, dan sel-sel baru di tubuh. Selain itu, asam folat juga berfungsi sebagai pemecah karbohidrat dan lemak menjadi energi dengan mengaktifkan koenzim tertentu sehingga proses metabolisme meningkat. Metabolisme yang baik dapat berdampak positif pada peningkatan nafsu makan. Sumber asam folat, antara lain sayuran hijau, buah-buahan, hati ayam, hati sapi, dan kacang-kacangan.

  1. Thiamin (vitamin B1)

Thiamin atau yang dikenal sebagai vitamin B1 berfungsi dalam mengubah metabolisme karbohidrat menjadi energi. Jika tubuh kekurangan thiamin, maka tubuh akan kesulitan menghasilkan energi yang memicu rasa lelah dan turunnya nafsu makan. Sumber vitamin B1, antara lain daging sapi, telur, serealia, dan kacang-kacangan.

Penambah Nafsu Makan Lainnya

Untuk melengkapi vitamin penambah nafsu makan di atas, Anda juga bisa menambahkan mineral dan bahan herbal untuk meningkatkan nafsu makan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Zinc

Nutrisi yang satu ini memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan zinc, maka dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti terhambatnya pertumbuhan, diare akut pada anak-anak, luka yang sulit sembuh, turunnya nafsu makan, serta gangguan pada fungsi pengecap lidah. Sumber zinc, antara lain daging, susu, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum utuh.

  1. Minyak Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 sangat baik untuk kesehatan tubuh. Omega-3 dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan mengurangi rasa penuh di perut saat makan. Dengan menambahkan minyak ikan, dapat menambah nafsu makan, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

  1. Echinacea

Echinacea diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Penelitian juga menemukan bahwa bahan herbal ini mengandung alkilamina, yaitu senyawa yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Ekstrak Temulawak

Temulawak telah digunakan sebagai pengobatan tradisional secara turun temurun. Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, bahan herbal ini juga dapat meningkatkan nafsu makan. Dalam penggunaannya, ekstrak temulawak kerap ditambahkan dengan vitamin dan mineral lain sebagai penambah nafsu makan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout