Blog

vitamin b12 untuk apa

Vitamin B12 Untuk Apa: Sumber Alami dan Manfaatnya

Salah satu jenis vitamin yang dikenal karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan tubuh adalah vitamin B12. Vitamin ini tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari luar tubuh. Sumber alami vitamin B12 adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Vitamin B12 untuk apa?

Asupan B12 harian yang disarankan disesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia. Bagi ibu hamil dan menyusui, asupan vitamin B12 yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mendukung perkembangan buah hati. Vitamin B12 untuk apa saja? Berikut beberapa manfaat vitamin B12 yang penting untuk tubuh.

Sumber Alami Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan vitamin yang terbentuk secara alami di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang menjadi sumber alami vitamin B12. Beberapa di antaranya, yaitu ikan tuna, telur, daging sapi, daging kambing, produk susu dan olahannya seperti keju, dan yogurt.

Asupan harian vitamin B ditentukan oleh usia, kondisi tubuh, dan jenis kelamin. Semakin dewasa seseorang, maka semakin besar kebutuhan vitamin B2. Untuk usia 14 tahun ke atas membutuhkan asupan vitamin B12 sebanyak 2,4 mcg per harinya, sedangkan bayi usia 0 hingga 6 bulan membutuhkan sebanyak 0,4 mcg per hari. Kebutuhan bayi harus dipenuhi dari ASI ibu yang mengonsumsi vitamin B yang cukup.

Vitamin B12 Untuk Apa?

Vitamin B12 memiliki manfaat yang sangat besar bagi perkembangan tubuh dan juga kesehatan otak. Berikut beberapa manfaat vitamin B12 yang perlu Anda ketahui

1. Membentuk sel darah merah dan mencegah anemia

Anemia tidak hanya disebabkan oleh kekurangan zat besi, namun juga vitamin B12. Mencukupi vitamin B12 dapat mencegah risiko terjadinya anemia. Hal ini dikarenakan vitamin B12 dapat berperan penting dalam memproduksi dan menjaga bentuk sel darah merah. Akibat kekurangan vitamin 12 dapat menyebabkan bentuk sel darah merah menjadi besar, namun tidak ada inti selnya, dan jumlahnya menjadi menurun. Hal ini disebut sebagai anemia megaloblastik, yang menyebabkan tubuh menjadi letih dan lesu.

2. Menjaga kesehatan janin

Vitamin B12 untuk apa? Manfaat lainnya adalah berperan dalam sintesis DNA, terutama pada janin. Agar manfaat vitamin B12 semakin optimal, perlu dibantu dengan asam folat. Pada ibu hamil, kekurangan vitamin B12 dapat meningkatkan risiko terjadinya neural tube defect, di mana katup tulang belakang bayi tidak tertutup, sehingga menyebabkan kecacatan saat lahir. Dengan mencukupi asupan vitamin B12 dan vitamin B lainnya dapat menurunkan risiko terjadinya cacat pada janin dan bayi saat lahir.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kondisi homosistein atau jumlah asam amino di dalam darah yang terlalu tinggi dapat meningkatan risiko penyakit jantung. Vitamin B12 bermanfaat untuk menurunkan kadar asam amino di dalam darah yang terlalu tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, dengan mencukupi asupan vitamin B12 bersama dengan vitamin B lainnya, dapat menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Manfaat vitamin B12 berikutnya adalah membentuk berbagai sel tubuh, termasuk kulit, rambut, dan kuku. Akibat kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan hiperpigmentasi kulit, perubahan warna kuku, hingga vitiligo. Oleh karena itu, cukupi asupan vitamin B12 harian untuk mencegah berbagai masalah kulit, kuku, dan rambut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout