Blog

vitamin b complex untuk apa

Vitamin B Complex untuk Apa? Ini Beragam Manfaatnya!

Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, kesehatan tubuh harus tetap terjaga. Salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh adalah vitamin B complex. Vitamin B complex untuk apa? Mulai dari produksi energi hingga membentuk sel darah merah.

Vitamin B complex untuk apa? pada dasarnya, vitamin B complex merupakan vitamin yang dapat mengubah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh.

Lihat Juga: Vitamin B-Complex – Suplemen Daya Tahan Tubuh

Apa saja jenis dan fungsi vitamin B complex? Berikut penjelasannya.

1. Vitamin B1

Beberapa manfaat vitamin B1 atau tiamin, antara lain berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel tubuh, membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, serta meningkatkan kesehatan otak, otot, dan sistem saraf. Sumber alami vitamin B1 adalah ikan, daging, dan biji-bijian.

2. Vitamin B2

Seperti halnya vitamin B1, vitamin B2 atau riboflavin juga bisa ditemukan secara alami dalam makanan. Beberapa manfaat riboflavin, antara lain berperan dalam produksi dan pertumbuhan sel darah merah, membantu mengubah vitamin B6 menjadi bentuk yang dapat digunakan, dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Sumber alami vitamin B2 adalah ayam, kerang, hati sapi, serta produk susu dan olahannya.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin memiliki beberapa khasiat, yaitu mengubah makanan menjadi energi, membantu meningkatkan fungsi enzim, meningkatkan sistem pencernaan, sistem saraf, dan kulit, serta berperan dalam produksi hormon, seperti hormon seks dan kortisol. Beberapa sumber alami niacin adalah daging merah, beras merah, ikan, sereal, dan biji-bijian.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 atau asam pantotenat berfungsi untuk membantu tubuh memanfaatkan lemak dan protein. Manfaat vitamin B5 lainnya, antara lain membantu tubuh memanfaatkan vitamin lainnya, seperti riboflavin, memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi, serta berperan penting untuk produksi sel darah merah dan kolesterol. Beberapa sumber alami vitamin B5 adalah susu, brokoli, daging, alpukat, dan kacang-kacangan.

5. Vitamin B6

Dikenal sebagai piridoksin, manfaat vitamin B6, antara lain membantu menghasilkan insulin, membuat asam amino non-esensial, dan melawan infeksi. Sumber alami vitamin B6 tidak jauh berbeda dengan vitamin-vitamin lainnya, yaitu ayam, pisang, ikan, kentang, dan kacang-kacangan.

6. Vitamin B7

Vitamin B7 juga dikenal sebagai biotin dan memiliki manfaat, yaitu mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi, membantu menghasilkan asam lemak, serta meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang dan rambut. Sumber alami vitamin B7, antara lain telur, ikan, almond, dan kacang-kacangan.

7. Vitamin B9

Manfaat vitamin B9 atau asam folat sangat penting, terutama untuk ibu hamil. Beberapa manfaatnya, yaitu membantu memproduksi sel darah merah, membantu sel menghasilkan dan menjaga DNA, serta mengurangi risiko kelainan bentuk tulang belakang dan otak. Sumber alami asam folat adalah sayuran, jeruk, alpukat, bayam, kacang-kacangan. Selain itu, asam folat juga terdapat pada biji-bijian yang diperkaya, terutama sereal, roti, pasta, dan suplemen.

8. Vitamin B12

Vitamin B12 atau cobalamin berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Beberapa manfaat lainnya, yaitu meningkatkan fungsi dan perkembangan otak dan sel saraf, mencegah anemia, serta berperan dalam metabolisme protein. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin B12 melalui protein hewani, seperti hati, daging, kerang, telur, dan produk susu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout