Blog

urutan skincare pagi

Urutan Skincare Pagi yang Tepat

Skincare tidak hanya sekadar menggunakan produk terbaik untuk membantu mengatasi permasalahan kulit. Namun, mengetahui urutan skincare juga sama pentingnya, terutama di pagi hari. Bagaimana urutan skincare pagi yang tepat?

Mengetahui urutan skincare dapat memastikan produk skincare bekerja dengan baik. Selain itu, menerapkan urutan skincare juga mencegah membuang-buang uang untuk produk skincare yang mahal. Berikut urutan skincare pagi yang tepat.

Urutan Skincare Pagi yang Tepat

Agar hasilnya lebih efektif, berikut urutan skincare pagi yang perlu Anda ketahui:

1. Mencuci wajah

Langkah pertama adalah membersihkan wajah dengan air mengalir dan sabun pembersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa kotoran, minyak, serta produk skincare di malam hari. Pilihlah sabun pembersih wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan facial foam, sedangkan kulit kering dengan facial wash.

2. Membersihkan kotoran wajah

Urutan selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan milk cleanser atau micellar water. Hal ini bertujuan agar wajah lebih bersih sempurna dan kotoran terangkat dengan baik atau disebut juga double cleansing. Pilihlah pembersih wajah dengan tingkat yang sama dengan kulit, yaitu sekitar pH 5,5, untuk menjaga keseimbangan pH kulit Anda. 

Hindari pembersih wajah yang mengandung sulfat, karena bisa menghilangkan minyak alami, atau bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti alkohol dan wewangian.

3. Toner wajah

Urutan berikutnya adalah toner. Namun, toner tidak wajib dalam urutan skincare pagi, karena dirancang untuk tujuan penggunaan khusus. Misalnya, sebagai anti-penuaan, mengangkat sel kulit mati, atau menghidrasi kulit. 

Toner memiliki jenis yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap jenis kulit. Kandungan kimia pada toner juga dapat meredakan peradangan, mengobati jerawat, serta mencegah bakteri penyebab jerawat.

4. Essence

Setelah menggunakan toner, Anda bisa mengaplikasikan essence pada wajah. Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi aktif tinggi dan menggabungkan berbagai elemen perawatan kulit dalam satu produk dengan tujuan menghidrasi dan menyeimbangkan kembali lapisan kulit. Bahan aktifnya akan meresap lebih dalam ke kulit dibandingkan toner dan bekerja lebih efektif dalam urutan skincare pagi.

Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan. Lalu, oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

5. Serum

Serum merupakan urutan skincare pagi yang penting. Serum bukanlah pelembap, namun formulasi yang sangat terkonsentrasi dan dirancang untuk meresap ke dalam kulit dengan cepat. Serum wajah memiliki berbagai fungsi, misalnya mencegah penuaan, kerutan, menyamarkan bekas jerawat, dan lainnya. Anda direkomendasikan untuk memilih serum yang memiliki kombinasi vitamin C, vitamin E, dan asam ferulic.

6. Pelembap wajah

Pelembap wajah adalah urutan terakhir. Pelembap wajah berfungsi untuk melembapkan wajah dan mencegah timbulnya kerutan halus di sekitar wajah. Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim, karena mengandung minyak berlebih yang cocok untuk digunakan pada jenis kulit kering.

Sedangkan, untuk kulit wajah berminyak, pilihlah pelembap bertekstur cair atau gel. Caranya, ambil pelembap secukupnya ke telapak tangan, lalu oleskan pada area pipi dan dahi. Lakukan gerakan memijat hingga pelembap terserap sempurna pada kulit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout