Blog

tips puasa untuk ibu hamil

Tips Puasa untuk Ibu Hamil agar Aman dan Nyaman

Berpuasa saat hamil menjadi suatu tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan adanya kecemasan ibu hamil saat berpuasa, yaitu nutrisi yang didapat janin dalam kandungan berkurang dan perkembangannya berisiko terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menerapkan tips puasa untuk ibu hamil.

Meski tidak diwajibkan, namun ibu hamil yang memiliki kondisi yang sehat dan fit, pada umumnya bisa menjalankan puasa dengan aman. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil agar puasa berjalan lancar dan janin tetap sehat. Berikut tips puasa untuk ibu hamil yang bisa Anda terapkan:

Tips Puasa untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, ibu hamil dan bayi di dalam kandungan membutuhkan energi selama puasa. Agar ibu hamil tetap aman dan nyaman dalam berpuasa, berikut tips yang perlu diterapkan:

1. Mencukupi asupan cairan

Asupan air minum yang tercukupi bagi ibu hamil sangat penting, terutama jika bulan puasa jatuh pada musim kemarau. Asupan air putih yang dibutuhkan ibu hamil minimal 10 gelas atau sekitar 2,3 liter setiap harinya. Konsumsi air putih saat sahur dan berbuka agar terhindar dari dehidrasi.

2. Membuat agenda makanan

Agar nutrisi tercukupi, ibu hamil disarankan untuk membuat agenda makanan dengan mencatat menu dan makanan apa saja yang dikonsumsi setiap hari. Agenda makanan tersebut juga dapat membantu dokter untuk memberikan asupan nutrisi yang tepat, terutama jika ibu hamil menderita diabetes gestasional.

3. Membatasi minuman berkafein

Tidak hanya dalam kondisi berpuasa, konsumsi kafein saat hamil harus dibatasi, yaitu tidak lebih dari 200 mg atau kurang dari 2 cangkir kopi instan sehari. Hal ini bertujuan untuk mencegah gangguan pencernaan, dehidrasi, dan tekanan darah tinggi.

4. Menjaga pola makan dengan gizi seimbang

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi selama kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat, seperti sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, saat berbuka untuk mencegah terjadinya sembelit saat berpuasa.

5. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka

Saat berbuka, batasi makanan dan minuman yang tinggi gula, karena dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga menyebabkan ibu hamil cepat lelah. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi sup hangat, air putih, jus tanpa gula, atau buah untuk mengembalikan energi. Setelah itu, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan berat yang bernutrisi. Untuk sahur, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti sayuran dan gandum utuh, karena dapat melepaskan energi secara perlahan.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil selama berpuasa. Jika ibu hamil bekerja, manfaatkan jam istirahat di kantor untuk tidur siang sejenak. Tidur siang sekitar 15-20 menit dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Pastikan Anda berkomunikasi dengan atasan terlebih dahulu, terutama jika ibu hamil membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat.

7. Hindari olahraga berat

Tips puasa untuk ibu hamil lainnya adalah menghindari olahraga berat saat berpuasa. Hal ini dikarenakan olahraga berat dapat memicu risiko dehidrasi dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu, ibu hamil disarankan untuk tetap berada di dalam ruangan saat cuaca sedang panas agar tidak cepat haus.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout