Blog

tanda tanda hamil muda

5 Tanda-Tanda Hamil Muda, Salah Satunya Kram

Apakah Anda sedang merasakan tanda-tanda hamil muda, namun belum yakin? Anda tidak perlu khawatir. Selain menggunakan test pack, Anda bisa mengenalinya melalui tanda-tanda awal kehamilan yang biasanya muncul satu minggu setelah jadwal menstruasi terlewat.

Saat mengalami tanda-tanda hamil muda, Anda juga bisa memastikannya dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Agar lebih yakin, berikut 5 tanda awal kehamilan atau hamil muda untuk membantu Anda mengenalinya:

Lelah, mual, dan kembung

Selama beberapa minggu pertama, tubuh akan bekerja keras dalam mendukung kehamilan, sehingga kelelahan adalah respons yang normal. Menurut Karen Perkins, M.D., seorang OB-GYN di Mercy Medical Center, Baltimore, kelelahan yang terjadi pada ibu hamil dipicu oleh progesteron ekstra yang diproduksi setelah pembuahan menyebabkan suhu tubuh basal naik. Selain itu, kelelahan juga terjadi karena jantung akan memompa lebih cepat dan harus memberikan oksigen ekstra ke rahim. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan sehat, cukup minum air putih, istirahat yang cukup, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Payudara sakit dan puting tampak lebih gelap

Tanda-tanda hamil muda berikutnya adalah payudara sakit dan puting yang tampak lebih gelap. Menurut Jabir Singh, M.D., seorang dokter OB-GYN di Baylor Medical Center, Texas, kondisi ini terjadi karena ibu hamil menghasilkan banyak estrogen dan progesteron pada awal kehamilan, sehingga kelenjar di payudara mulai tumbuh. Meningkatnya hormon tersebut menyebabkan payudara menahan lebih banyak cairan, sehingga terasa berat dan sakit, daripada PMS. Selain itu, perubahan pada puting disebabkan oleh hormon kehamilan yang memengaruhi sel-sel di dalam puting, sehingga terjadi perubahan warna. 

Kram dan sakit punggung

Tanda hamil yang satu ini sering dianggap sebagai gejala PMS. Namun, kram dan sakit punggung sebenarnya disebabkan oleh perubahan hormon dan pertumbuhan rahim. Tahukah Anda, sekitar 30 persen perempuan mengalami tanda ini setelah pembuahan yang dipicu oleh implantasi. Hal ini terjadi ketika sel telur menempel pada dinding rahim, dan rahim mungkin meregang untuk mempersiapkan ekspansi besar-besaran selama 9 bulan ke depan, sehingga menyebabkan kram.

Sering buang air kecil

Tanda-tanda hamil muda lainnya adalah sering buang air kecil. Kondisi ini terjadi pada saat awal kehamilan dan disebabkan oleh rahim yang bengkak dapat menekan kandung kemih dan aliran darah ekstra ke ginjal, sehingga menyebabkan ginjal menghasilkan lebih banyak urine. Meski sering buang air kecil, ibu hamil tidak perlu mengurangi asupan cairan, karena di masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan banyak asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi.

Pendarahan implantasi

Kondisi ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi ditanamkan ke dalam lapisan rahim sekitar 6-12 hari setelah pembuahan, sehingga kemungkinan besar muncul sedikit bercak dari vagina. Banyak yang menganggapnya sebagai darah menstruasi, namun pada umumnya lebih ringan dari menstruasi dan berwarna cokelat atau merah muda (bukan merah seperti menstruasi). Meski tidak berbahaya untuk kesehatan, namun Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter jika merasa hamil agar dokter dapat mengesampingkan penyebab lain dari perdarahan. Selain itu, pada trimester pertama, perdarahan perlu diperiksa untuk tiga hal, terutama kehamilan ektopik, keguguran, atau jenis infeksi tertentu. Pastikan Anda tidak mengabaikan sesering apapun perdarahan yang dialami.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout