Blog

tanda tanda hamil 1 minggu

Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu, Bisakah Terdeteksi?

Jika Anda sedang menantikan kehadiran buah hati, salah satu cara umum untuk mengenali tanda-tanda hamil 1 minggu adalah dengan menghitung tanggal terakhir menstruasi. Namun, ada beberapa ciri lain yang menandakan kehamilan 1 minggu.

Meski tanda-tanda hamil 1 minggu masih sulit untuk dilihat dan dirasakan, namun ada beberapa ciri yang biasanya menandakan kehamilan, salah satunya terlambat haid. Sebelum mengenali tanda-tanda lainnya, mari simak cara menghitung kehamilan berikut.

Cara Perhitungan Kehamilan

Tanggal pembuahan ditentukan oleh siklus ovulasi yang biasanya terjadi pada hari ke-13 hingga ke-20 setelah menstruasi. Meski ovulasi tergantung dari seberapa lama siklus haid seseorang, namun secara umum siklus menstruasi terjadi sekitar 28 hari. Berikut beberapa cara untuk mengetahui pola siklus menstruasi:

  • Mengukur suhu tubuh basal, yaitu suhu tubuh saat bangun tidur di pagi hari, dan akan berubah menjelang ovulasi dan kemungkinan besar terjadi kehamilan pada 2 atau 3 hari sebelum suhu tubuh naik.
  • Menggunakan alat tes kesuburan dengan meneteskan sampel urine.
  • Mencatat tanggal menstruasi selama beberapa bulan secara manual atau menggunakan aplikasi di ponsel.
  • Mengamati tekstur cairan vagina, yang terlihat lebih licin dan jernih saat memasuki siklus ovulasi.

Jika Anda mengetahui pola siklus menstruasi, maka akan lebih mudah untuk memperkirakan kapan terjadi ovulasi. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan Anda dalam mengenali ciri-ciri hamil 1 minggu.

Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu 

Setelah mengetahui pola siklus menstruasi dan siklus ovulasi, maka akan memudahkan Anda dalam mengenali ciri-ciri hamil 1 minggu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mual atau muntah

Ciri ini biasanya terjadi tiga minggu setelah pembuahan, di mana sebagian besar perempuan akan merasakan mual, dengan atau tanpa muntah, yang dapat terjadi kapan saja. Pada umumnya, ciri ini disebabkan oleh hormon kehamilan.

2. Payudara bengkak dan sensitif

Ciri lainnya adalah payudara yang terlihat bengkak dan nyeri saat disentuh pada awal masa kehamilan. Kondisi ini akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Anda sedang menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

4. Sakit pinggang bagian bawah

Kondisi ini biasanya disertai dengan kram yang dipicu oleh peluruhan lapisan rahim. Saat terjadi peluruhan lapisan rahim, maka rahim akan berkontraksi dan menimbulkan rasa sakit pada pinggang bagian bawah. Rasa sakit pada pinggang bagian bawah tidak hanya terjadi pada awal masa kehamilan, namun juga terjadi selama kehamilan. Bedanya, sakit pinggang yang terjadi selama kehamilan biasanya disebabkan oleh penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh.

5. Perdarahan vagina

Perdarahan vagina tidak hanya terjadi pada saat menstruasi, namun juga bisa terjadi pada awal kehamilan. Kondisi ini disebabkan karena tubuh sedang meluruhkan lapisan rahim yang lama dan mulai membentuk lapisan rahim yang baru untuk menampung sel telur yang telah dibuahi.

Selain tanda-tanda hamil 1 minggu di atas, ibu hamil juga bisa mengalami sembelit dan kembung, karena sistem pencernaan yang melambat akibat perubahan hormon. Selain itu, perubahan hormon tersebut juga dapat memicu insomnia, sakit kepala, dan perubahan mood. 

Jika Anda belum merasa yakin dengan ciri-ciri hamil di atas, lakukan uji kehamilan dengan menggunakan alat tes kehamilan yang banyak dijual secara bebas. Jika hasilnya positif, segera ke dokter untuk memastikan kehamilan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout