Blog

makanan yang mengandung protein

Sehat dan Bermanfaat, Ini Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang mengandung protein memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut, antara lain membangun sel dan jaringan tubuh yang baru, memperkuat tulang, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain itu, makanan yang mengandung protein juga dapat membantu menjaga berat badan dan dapat dimasukkan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Pada umumnya, ada dua jenis makanan berprotein, yaitu makanan berprotein hewani dan makanan berprotein nabati. Berikut beberapa di antaranya.

Makanan yang Termasuk Protein Hewani

Protein hewani adalah nutrisi yang berasal dari hewan atau produk olahannya. Tubuh memerlukan asupan protein hewani yang cukup agar tetap sehat dan bugar. Berikut 4 jenis makanan yang kaya akan protein hewani:

  1. Telur

Sebagai salah satu sumber protein, telur sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Protein hewani murni terletak di bagian putih telurnya. Dalam satu butir telur, terkandung sekitar 6 gram protein dan 75 kalori yang penting untuk energi tubuh. Selain itu, telur juga mengandung vitamin, mineral, serta lemak tak jenuh.

  1. Daging

Daging ayam dan daging sapi adalah dua jenis daging yang kaya akan protein. Dalam satu dada ayam tanpa kulit, mengandung 50 gram protein dan 280 kalori. Sedangkan, dalam 85 gram daging sapi tanpa lemak, mengandung 25 gram protein dan 185 kalori. Selain itu, daging ayam dan daging sapi juga mengandung vitamin B12 dan zat besi.

  1. Makanan Laut

Makanan laut seperti udang, cumi, ikan laut, dan kerang, juga termasuk makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Dalam satu porsi ikan tuna mengandung 27 gram protein, sedangkan dalam satu porsi udang mengandung sekitar 20 gram protein. Selain itu, makanan laut juga kaya akan omega-3 dan kalium yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Susu dan Produk Olahannya

Selain tinggi protein, susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju, juga kaya akan vitamin D dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dalam satu gelas susu mengandung 8 gram protein, dalam 100 gram keju mengandung sekitar 20 gram protein, sedangkan dalam 100 gram yoghurt mengandung sekitar 10 gram protein. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, sebaiknya pilih susu rendah lemak. Jenis susu ini memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan susu jenis lainnya, kaya akan kalsium yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi dan mencegah osteoporosis.

Makanan yang Termasuk Protein Nabati

Selain protein hewani, Anda juga perlu memenuhi asupan protein yang berasal dari tumbuhan, yaitu protein nabati. Berikut beberapa jenis makanan yang termasuk protein nabati:

  1. Gandum
  2. Biji-bijian, seperti biji chia dan barley
  3. Brokoli
  4. Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang polong, kacang tanah, buncis, dan kacang kedelai
  5. Tahu dan tempe

Selain sebagai sumber protein tinggi, brokoli juga mengandung vitamin C, vitamin K, serat, kalium, serta antioksidan yang baik untuk mencegah kanker. Sedangkan, kacang-kacangan kaya akan serat, protein, dan magnesium, yang baik untuk menurunkan risiko jantung dan stroke. 

Meski sehat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun kandungan protein dalam makanan nabati pada umumnya lebih sedikit dibandingkan kandungan protein dalam makanan yang berasal dari hewan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout