Blog

sakit kepala sebelah kiri

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sakit kepala sebelah kiri bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari gaya hidup tidak sehat, hingga adanya penyakit tertentu. Untuk mengatasi dan mengurangi gejalanya, Anda perlu mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi sakit kepala sebelah kir dengan tepat.

Meski bisa pulih dalam beberapa jam, sakit kepala sebelah kiri bisa menjadi salah satu gejala penyakit tertentu jika sakitnya tidak kunjung hilang. Berikut penyebab dan cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Penyebab sakit kepala sebelah kiri bisa beragam, antara lain gaya hidup tidak sehat, seperti kurang tidur, stres, kebiasaan minum alkohol, dan menunda makan. Beberapa makanan tertentu juga bisa memicu sakit kepala sebelah kiri, seperti makanan yang mengandung bahan pengawet, daging olahan, dan kacang-kacangan. Selain itu, ada beberapa kondisi medis yang bisa memicu sakit kepala sebelah kiri, di antaranya:

1. Sakit kepala cluster dan migrain

Sakit kepala umumnya bisa dirasakan di seluruh bagian kepala, namun bisa juga terasa lebih berat di bagian tertentu, seperti sisi kiri atau kanan kepala. Sakit kepala yang terasa lebih dominan di salah satu sisi kepala biasanya disebabkan oleh sakit kepala cluster atau migrain. 

Kondisi ini biasanya muncul ketika stres, kelelahan, kurang tidur, atau rangsangan tertentu, seperti cahaya yang silau atau aroma yang kuat. Sakit kepala sebelah kiri karena migrain atau sakit kepala cluster bisa berlangsung dari hanya beberapa menit hingga seharian.

2. Infeksi dan alergi

Infeksi saluran pernapasan, seperti flu, umumnya disertai dengan beberapa gejala, salah satunya sakit kepala. Sementara, reaksi alergi dapat memicu saluran napas dan rongga sinus mengalami penyempitan, sehingga memicu sakit kepala sebelah kiri. Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang memiliki sinusitis.

3. Stroke 

Salah satu tanda dan gejala serangan stroke adalah sakit kepala secara mendadak dan parah. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika mengalami gejala ini dan konsultasikan dengan dokter, terutama jika disertai dengan adanya kelemahan pada satu sisi tubuh dan kesulitan menelan atau berbicara.

4. Gegar otak

Penyebab sakit kepala sebelah kiri lainnya adalah gegar otak. Gegar otak biasanya disebabkan oleh pukulan keras atau benturan yang mengakibatkan cedera pada otak. Salah satu gejala gegar otak adalah sakit kepala sebelah kiri.

5. Tumor otak

Tumor otak adalah kondisi ketika sel tumor atau kanker tumbuh di jaringan otak. Kondisi ini menyebabkan sakit kepala yang intens, mendadak dan berulang, dan bersamaan dengan gejala lain, seperti gangguan berbicara, kehilangan penglihatan, kesulitan berjalan, dan sering muntah dan kejang.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Untuk meringankan gejala sakit kepala sebelah kiri, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah berikut:

  • Mandi air hangat.
  • Kompres hangat atau dingin di kepala yang terasa sakit.
  • Mendengarkan musik yang menenangkan.
  • Beristirahat yang cukup, yaitu tidur selama 7-9 jam setiap hari.

Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi obat yang bisa dibeli bebas di apotek, seperti paracetamol, ibuprofen, dan aspirin untuk mengatasi gejala sakit kepala yang Anda alami. Namun, jika dengan pengobatan, gejala masih berlanjut maka Anda perlu konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout