Blog

perkembangan bayi 2 bulan

Perkembangan Bayi 2 Bulan: Mengenal Kemampuan Penting si Kecil

Saat bayi berusia 2 bulan, perkembangan yang pesat terjadi pada penglihatan dan pendengarannya. Selain itu, perkembangan bayi juga termasuk mulai merespons dengan senyuman saat diajak berbicara dan mengenali suara dan bunyi yang ada di sekitarnya, terutama jika mereka merasa tidak nyaman.

Secara keseluruhan, perkembangan bayi 2 bulan biasanya merupakan respons saat mereka merasa lapar, merasa lelah, atau tidak nyaman dengan popoknya. Namun, perkembangannya tidak hanya itu, ada juga beberapa perkembangan lain yang terlihat jelas saat usianya 2 bulan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Perkembangan Kemampuan Motorik

Saat usia bayi 2 bulan, perkembangan yang paling menonjol adalah dapat bergerak secara teratur. Selain itu, perkembangan bayi 2 bulan juga termasuk kemampuan motorik, yaitu:

  • Bayi dapat menggenggam dan membuka genggaman tangannya sendiri dan mulai bisa bermain dengan jari-jarinya.
  • Bayi dapat menenangkan dirinya sendiri saat merasa kesal atau ingin menangis. Dalam hal ini, mereka menunjukkan kemampuan tersebut dengan mengisap ibu jarinya.
  • Bayi dapat mengikuti pergerakan objek dengan bola matanya. Anda dapat melatihnya dengan menggerakkan objek yang mereka sukai di depan matanya.
  • Mereka mulai tertarik pada benda-benda berwarna cerah dan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi. Perkembangan ini biasanya terjadi saat usia mereka 7 minggu.
  • Bayi dapat menegakkan kepala hingga 45 derajat dengan posisi telungkup. Perkembangan ini biasanya terjadi saat usia bayi menginjak 8 minggu.

Perlu diingat, perkembangan motorik setiap bayi berbeda-beda. Namun, perkembangan tersebut pada umumnya sudah dapat dilakukan oleh bayi berusia 2 bulan. Jika bayi Anda berusia 2 bulan dan belum mengalami perkembangan motorik, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi kesehatannya.

Perkembangan Kemampuan Sosial

Perkembangan bayi 2 bulan juga mencakup pertumbuhan otak bayi sebesar 5 sentimeter. Oleh karena itu, untuk mendukung perkembangan bayi, Anda perlu memastikan bayi mendapat istirahat yang cukup. Selain itu, saat bayi menginjak 5 minggu, kebutuhan istirahatnya akan meningkat, sehingga mereka akan tidur lebih lama di malam hari. Namun, jika bayi kesulitan tidur di malam hari, Anda bisa memijatnya secara lembut agar tubuhnya menjadi lebih rileks.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski biasanya perkembangan bayi 2 bulan terjadi, namun setiap bayi mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir secara berlebihan jika bayi Anda sudah menginjak 2 bulan, namun belum menunjukkan tanda-tanda perkembangan yang telah disebutkan di atas. Untuk memastikan kondisinya, Anda bisa memeriksakan bayi ke dokter. Berikut beberapa kondisi yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membawa bayi ke dokter :

  • Bayi tidak bisa fokus dalam melihat benda bergerak.
  • Bayi tidak bereaksi saat mendengar suara.
  • Bayi tidak dapat menyadari tangannya sendiri.
  • Bayi tidak merespons dengan senyum saat diajak berbicara.
  • Bayi tidak dapat menegakkan kepala dalam posisi telungkup.
  • Bayi tidak memiliki refleks dalam memasukan tangannya ke mulut.

Itulah beberapa perkembangan bayi 2 bulan yang bisa Anda lihat dan rasakan. Selain beberapa perkembangan di atas, bayi juga akan mengalami perbedaan dalam hal jam menyusui. Pada umumnya, bayi berusia 2 bulan akan menyusu sebanyak 2-4 jam sekali.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout