Blog

makanan yang mengandung vitamin b

Penting Untuk Tubuh, Ini 6 Makanan yang Mengandung Vitamin B

Sebagai nutrisi yang penting untuk tubuh, vitamin B perlu dikonsumsi secara teratur. Vitamin B berfungsi untuk produksi energi, hormon, pemeliharaan fungsi organ otak, pencernaan, dan pemeliharaan sel. Apa saja makanan yang mengandung vitamin B?

Vitamin B terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang signifikan untuk tubuh. Vitamin B bisa didapatkan dari sumber alami vitamin B, yaitu beberapa makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Berikut 6 makanan yang mengandung vitamin B:

1. Salmon

Bagi pencinta sushi, ikan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Ya, salmon merupakan salah satu sumber alami vitamin B. Dalam 100 gram salmon, mengandung 18% vitamin B1, 29% B2, 50% B3, 19% B5, 47% B6, dan 51% B12. Tidak hanya vitamin B, salmon juga tinggi lemak omega-3, protein, selenium, dan rendah merkuri. 

2. Sayuran hijau 

Makanan yang mengandung vitamin B berikutnya adalah sayuran hijau. Salah satunya bayam mentah yang terdapat 41% RDI vitamin, sedangkan 31% RDI dalam bayam yang sudah dimasak. Selain itu, lobak juga merupakan sumber vitamin B dan terdapat 25% RDI vitamin B dalam 85 gram daun lobak. Namun, kandungan asam folat dapat berkurang jika direbus. Oleh karena itu, agar kandungan vitamin B tetap terjaga, sebaiknya sayuran hijau dimasak dengan cara dikukus. 

3. Telur

Sumber vitamin B berikutnya adalah telur. Faktanya, telur merupakan sumber alami vitamin B terbaik setelah hati. Dalam satu butir telur besar mengandung 33% RDI biotin (vitamin B7) yang terdapat dalam kuning telur dan putihnya. Selain itu, di dalam telur juga mengandung berbagai jenis vitamin B lain, seperti 33% vitamin B7, 15% vitamin B2, 9% vitamin B12, 7% vitamin B5, dan 5% vitamin B9. 

Beli Vitamin B di sini

4. Susu

Susu dikenal sebagai minuman yang mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh, salah satunya vitamin B. Dalam 240 mililiter susu, mengandung 26% vitamin B2 dan beberapa vitamin B lainnya dalam jumlah kecil. Hal ini didukung oleh banyak penelitian yang menunjukkan bahwa susu dan produk olahan susu lainnya merupakan sumber utama riboflavin. Salah satunya, European Journal of Clinical Nutrition yang menunjukkan bahwa susu mengandung 22-52% riboflavin atau vitamin B2. Selain itu, dalam 240 mililiter susu juga terdapat 18% RDI vitamin B12 dan tubuh dapat menyerap B12 dari susu hingga 79% lebih banyak dibandingkan produk hewani lainnya.

5. Daging sapi

Makanan yang mengandung vitamin B lainnya adalah daging sapi. Dalam suatu penelitian mengenai kebiasaan makan pada sekitar 2.000 orang di Spanyol, ditemukan bahwa daging dan produk daging lainnya adalah sumber utama vitamin B, seperti tiamin, niasin, dan piridoksin. Dalam 100 gram daging sapi sirloin, mengandung 39% RDI vitamin B3, 31% RDI vitamin B6, dan 29% vitamin B12. Selain itu, terdapat juga banyak kandungan vitamin B lain dalam jumlah kecil.

6. Yoghurt

Dalam 225 gram yoghurt rendah lemak mengandung 1 mcg vitamin B12. Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium, magnesium, dan protein, yang berfungsi untuk membantu mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi. Sebaiknya, pilih yoghurt yang rendah lemak dan konsumsi yoghurt dengan menambahkan buah atau gandum.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout