Blog

defisit kalori

Pengertian Defisit Kalori dan Cara Membuatnya

Saat diet, mengurangi porsi makan saja tidak cukup. Agar diet efektif, Anda juga dianjurkan untuk memastikan jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang dibakar atau yang disebut dengan defisit kalori. 

Menerapkan metode defisit kalori dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Apa yang dimaksud dengan kalori dan defisit kalori, serta bagaimana cara membuat defisit kalori? Simak penjelasan berikut.

Pengertian Kalori 

Kalori merupakan satuan untuk energi, sehingga defisit kalori disebut juga defisit energi. Kalori dalam makanan memberi energi dalam bentuk panas, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik, bahkan ketika sedang beristirahat. 

Jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari disebut total daily energy expenditure (TDEE) atau total pengeluaran energi harian. Perhitungan TDEE meliputi:

  • Jumlah kalori yang terbakar melalui olahraga dan gerakan non-olahraga.
  • Jumlah kalori yang terbakar selama pencernaan atau disebut juga efek termal makanan.
  • Jumlah kalori yang Anda bakar untuk mempertahankan fungsi tubuh dasar, seperti pernapasan dan sirkulasi darah.

Apa itu Defisit Kalori

Banyak orang mengonsumsi kalori dalam jumlah lebih banyak daripada yang mereka butuhkan setiap hari. Jika Anda melakukan hal ini secara konsisten, kalori ekstra akan tersimpan dalam tubuh Anda sebagai lemak.

Untuk menghilangkan lemak ekstra dan menurunkan berat badan, Anda bisa membuat defisit kalori. Defisit kalori terjadi ketika Anda makan lebih sedikit di siang hari. Jika tubuh tidak mendapatkan jumlah kalori yang dibutuhkannya untuk melakukan semua fungsi yang diperlukan, kondisi inilah yang disebut defisit kalori. 

Ketika Anda mengalami defisit kalori, tubuh akan mencari sumber lain untuk menghasilkan energi atau bahan bakar. Sumber lain tersebut adalah lemak ekstra yang tersimpan di pinggul, paha, perut, dan seluruh tubuh Anda. Ketika tubuh membakar lemak untuk menghasilkan energi, Anda pun bisa menurunkan berat badan.

Cara Menerapkan Defisit Kalori

Agar defisit kalori berhasil, berikut tiga cara sehat yang bisa Anda lakukan:

1. Mengurangi porsi makanan

Untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap hari, Anda bisa mengurangi porsi makanan, mengurangi kebiasaan mengemil, dan memilih makanan rendah kalori untuk dikonsumsi. Jika jumlah asupan kalori yang dikurangi cukup banyak, dapat membuat defisit kalori yang cukup besar untuk menurunkan berat badan Anda.

2. Aktif bergerak

Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari tergantung pada tingkat aktivitas Anda. Misalnya, olahraga yang Anda lakukan setiap hari dan juga gerakan fisik non-olahraga yang Anda lakukan. Oleh karena itu, Anda bisa menciptakan defisit kalori dengan meningkatkan aktivitas fisik, sehingga jumlah kalori yang dibakar bisa lebih besar daripada jumlah kalori yang Anda konsumsi. 

3. Kombinasi diet dan olahraga

Kombinasi diet dan olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini berarti mereka mengurangi asupan kalori dan makanan sebanyak 250 kalori setiap hari, ditambah lagi dengan berjalan cepat selama 60 menit untuk membakar 250 kalori. Jadi, total defisit kalori yang berhasil diciptakan adalah 500 kalori. Jika cara ini dilakukan setiap hari, Anda akan mencapai defisit kalori sebanyak 3500 kalori untuk menurunkan berat badan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout