Blog

obat sakit gigi berlubang

4 Obat Alami dan Tradisional Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Gigi berlubang disebabkan oleh zat asam yang diproduksi oleh bakteri yang memakan gula dari sisa makanan pada rongga mulut yang dapat merusak gigi. 

Gigi berlubang bisa menimbulkan komplikasi jika tidak ditangani dengan baik, salah satunya oral fistula yang membahayakan nyawa. Untuk mengatasi gejalanya, selain dengan obat pereda nyeri, Anda bisa menggunakan obat sakit gigi berlubang alami berikut.

Obat Alami Untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Untuk mengobati sakit gigi berlubang, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut:

1. Garam

Kandungan antiseptik dan antibakteri dalam garam dapur bisa digunakan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Gunakan air garam sebagai obat kumur untuk membantu mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri mulut.

Berikut cara menggunakannya:

  • Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan ini hingga menyapu semua bagian mulut Anda selama satu menit.
  • Fokuskan juga berkumur pada area yang terdapat gigi berlubang. Lakukan pengobatan ini tiga kali sehari sampai gejala mereda.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan setengah sendok teh garam dan air lemon. Oleskan larutan ini sambil memijat gusi selama beberapa menit, lalu berkumurlah dengan air hangat setelahnya.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk sakit gigi berlubang. Bawang putih dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang, sekaligus membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat. Berikut cara menggunakannya:

  • Siapkan 3-4 siung bawang putih dan seperempat sendok teh garam, lalu campurkan.
  • Oleskan campuran pada gigi yang berlubang.
  • Diamkan selama 10 menit sebelum berkumur dengan air atau obat kumur. Lakukan dua kali sehari dalam beberapa minggu untuk mengurangi perkembangan lubang gigi.

Jika Anda mengalami nyeri pada area gigi yang berlubang, Anda juga bisa menggosokkan minyak bawang putih untuk meredakan nyeri tersebut.

3. Kunyit

Kandungan vitamin C dalam kunyit bersifat antibakteri dan antiperadangan, sehingga dapat menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Berikut cara menggunakannya:

  • Haluskan kunyit atau campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk menyerupai pasta.
  • Oleskan pasta kunyit pada gigi berlubang.
  • Diamkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat.

Anda juga bisa memijat lembut bagian gigi dan gusi yang sakit. Ulangi pengobatan ini sekali atau dua kali sehari sampai gejala yang Anda rasakan berkurang.

4. Cengkeh

Obat sakit gigi berlubang alami lainnya adalah cengkeh. Cengkeh memiliki sifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah gigi dan rongga mulut. Cengkeh juga dapat mengurangi rasa sakit gigi dan mencegah penyebaran lubang pada gigi Anda. Berikut cara menggunakannya:

  • Campurkan 2-3 tetes minyak cengkeh dan seperempat sendok teh minyak biji wijen.
  • Celupkan kapas pada campuran minyak tersebut dan tepuk-tepuk pada area gigi yang berlubang.
  • Lakukan pengobatan ini pada malam hari sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga bisa mengunyah cengkeh utuh hingga terekstraksi menjadi minyak. Diamkan cengkeh tersebut di bawah lidah Anda selama beberapa menit.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout