Blog

obat batuk untuk ibu hamil

5 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Batuk bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Meski sering dianggap sepele, namun ibu hamil perlu waspada akan bahaya batuk bagi kesehatan janin, terlebih jika tidak ditangani secara tepat. Untuk mengatasinya, salah satunya diperlukan obat batuk untuk ibu hamil secara alami.

Ada banyak obat batuk yang tersedia di pasaran, namun tidak semua obat aman untuk ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, untuk membantu mengurangi efek samping yang membahayakan ibu dan janin, berikut obat batuk untuk ibu hamil secara alami yang bisa dicoba.

Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Selain efektif untuk meredakan batuk, bahan-bahan alami berikut cukup aman untuk digunakan sebagai obat batuk untuk ibu hamil.

1. Bawang putih

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi suplemen bawang putih setiap hari dapat membantu mengurangi risiko terkena flu lebih dari 60%. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mengonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap kali makan jika terserang flu. Jika batuk semakin parah, konsumsi satu siung bawang putih setiap 2-3 jam. Jika Anda kurang menyukai bau bawang putih, sebaiknya olesi bawang putih dengan madu. Hal Ini dikarenakan madu bersifat antibakteri, antimikroba, dan antiseptik, yang dapat membantu mempercepat pemulihan batuk saat hamil. 

2. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil. Bawang merah mentah memiliki phytochemical yang membantu menjaga saluran pernapasan terbuka. Caranya, tambahkan irisan bawang merah setiap kali makan atau ibu hamil bisa membuat jus bawang merah yang dicampur dengan madu.

3. Cuka apel

Cuka apel bermanfaat untuk membantu tubuh dalam keadaan alkalin, di mana sebagian besar penyakit tidak dapat berkembang dalam lingkungan alkalin tersebut. Selain itu, alkalin juga mengandung bakteri baik yang membantu melawan infeksi. Caranya mudah, campur 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam air atau teh dan minum tiga kali sehari. Cara lainnya adalah kumur cuka apel untuk meredakan sakit tenggorokan.

4. Lemon dan jeruk nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon dan jeruk nipis bersifat antibakteri dan bermanfaat sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil. Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga cukup aman dikonsumsi ibu hamil. Meski demikian, ibu hamil perlu mengikuti aturan pakainya agar tidak mengurangi khasiatnya. 

Bagi ibu hamil yang menderita penyakit lambung, tetap perlu berhati-hati mengonsumsi lemon dan jeruk nipis, disarankan sesuai takaran yang tepat sehingga tidak menyerang lambung. Caranya, ambil dua buah lemon atau jeruk nipis, peras airnya. Setelah itu, tambahkan satu liter air, satu sendok makan madu dan garam secukupnya. Minum sepanjang hari.

5. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu meredakan batuk dan radang tenggorokan saat hamil. Caranya mudah, siapkan dua ruas jahe, kupas sebelum mencucinya dengan air bersih, lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah air mendidih dan berkurang setengahnya, minum secara teratur, tiga kali sehari sampai batuk hilang. Ibu juga bisa menyeduh teh yang dicampur jahe untuk membantu meredakan tenggorokan.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout