Blog

Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk mengobati batuk. Berikut beberapa obat batuk alami yang perlu Anda ketahui.

Obat Batuk Alami, Efektif dan Mudah Ditemukan di Rumah

Batuk ternyata tidak selamanya negatif untuk tubuh Anda, karena bisa menjaga saluran udara dan napas tetap bersih. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, batuk bisa membuat penderitanya tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan obat batuk alami.

Untuk mengatasi batuk, biasanya digunakan obat-obatan yang bisa dibeli dari apotek. Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk mengobati batuk. Berikut beberapa obat batuk alami yang perlu Anda ketahui.

Obat Batuk Alami yang Efektif

Batuk bisa dialami oleh siapa saja dan dapat diobati tanpa penanganan medis. Meski demikian, batuk yang berkepanjangan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, serta mengganggu tidur. Selain obat-obatan, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati batuk, yaitu:

1. Jahe

Jahe sejak lama dikenal sebagai obat herbal, termasuk mengobati batuk. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan. Caranya, rebus jahe, kemudian minum air rebusannya untuk mengurangi batuk.

2. Campuran teh dengan madu

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk. Dikutip dari Archives of Pediatrics and Adolescent Medicines, manfaat madu lebih efektif dalam mengatasi batuk dibandingkan obat-obatan tanpa resep dokter di apotek. Caranya, campurkan dua sendok teh madu ke dalam teh hangat, lalu konsumsi minuman tersebut, setidaknya sekali atau dua kali dalam sehari.

3. Sup hangat

Obat batuk alami berikutnya adalah makanan yang hangat. Jenis makanan ini bermanfaat untuk membantu melegakan tenggorokan dan meredakan batuk yang Anda alami. Caranya dengan memasukkan sup sayuran atau sup ayam ke dalam menu makanan Anda sehari-hari untuk mengatasi batuk.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam sayuran dan daging bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda bisa terhindar dari berbagai gejala penyakit, seperti batuk.

4. Makanan yang mengandung probiotik

Untuk mengatasi batuk, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik, antara lain yoghurt, miso sup, dan tempe.

5. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam juga bisa dilakukan untuk mengatasi batuk. Caranya, campurkan satu gelas air hangat dengan satu sendok teh garam, aduk hingga merata. Lalu, jadikan air garam tersebut sebagai obat kumur. 

Selain mengobati batuk, cara ini juga bisa membantu meringankan iritasi pada tenggorokan. Meski demikian, berkumur dengan air garam tidak bisa dilakukan oleh anak-anak berusia di bawah enam tahun yang belum mampu berkumur.

6. Kunyit

Kunyit juga termasuk salah satu tanaman yang dikenal sebagai obat herbal. Senyawa aktif di dalam kunyit yang disebut sebagai kurkumin memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi. Manfaat tersebut diketahui dapat membantu mengurangi batuk kering yang Anda alami.

Agar manfaatnya lebih optimal, tambahkan satu sendok teh kunyit dan seperdelapan teh lada hitam ke dalam minuman, seperti jus jeruk dingin atau teh hangat. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout