Blog

multivitamin yang bagus

5 Daftar Multivitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Vitamin dibutuhkan ibu hamil untuk membantu menjaga kesehatan dirinya dan janin. Ibu hamil bisa mendapatkan vitamin melalui makanan yang kaya nutrisi. Namun, multivitamin yang bagus untuk ibu hamil juga dibutuhkan pada kondisi tertentu.

Ada beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah risiko terjadinya komplikasi kehamilan dan membantu mendukung tumbuh kembang bayi semakin optimal. Berikut beberapa vitamin dan rekomendasi multivitamin yang diperlukan ibu hamil.

Vitamin yang diperlukan Selama Kehamilan

Berikut lima jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mendukung kesehatan selama kehamilan:

1. Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium sehingga pembentukan tulang dan gigi bayi dapat terjadi dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, seperti ikan salmon dan sarden, telur, serta daging. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk membantu menjaga sistem saraf ibu hamil, sehingga risiko kerusakan tabung saraf pada janin dapat dicegah. Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan vitamin B12 sebanyak 4.5 mcg per hari selama kehamilan trimester 2 sesuai dengan AKG orang Indonesia. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B12, antara lain ikan, unggas, dan susu.

3. Vitamin C

Vitamin C pada ibu hamil berperan dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, menurunkan risiko terkena diabetes gestasional, mencegah risiko terjadi preeklampsia, serta membantu tumbuh kembang janin. Kebutuhan vitamin C Ibu hamil sesuai AKG orang Indonesia adalah sebanyak 85 miligram setiap hari. Beberapa sumber alami vitamin C, antara lain brokoli, jeruk, mangga, tomat, bayam, paprika, kiwi, serta jambu biji.

4. Zat besi

Zat besi dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anemia. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan yang tinggi zat besi, seperti sayuran hijau, buah-buahan, serta daging merah. Namun, dari makanan saja mungkin tidak cukup, diperlukan suplemen zat besi. Sebelum mengonsumsi suplemen zat besi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat.

5. Vitamin B6

Ibu hamil biasanya mengalami mual dan muntah atau disebut morning sickness. Untuk meredakannya, ibu hamil dapat mengonsumsi vitamin B6 secara rutin. Selain itu, vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan sistem saraf dan otak janin. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B6, antara lain kacang tanah, gandum utuh, pisang, serta kacang polong.

Rekomendasi Multivitamin yang diperlukan untuk Ibu Hamil 

Multivitamin untuk ibu hamil perlu mengandung vitamin dan mineral. Berikut tiga produk multivitamin yang direkomendasikan:

1. Ferospat

Rp75,100.00

Ferospat adalah suplemen yang mengandung zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan mineral lainnya pada ibu hamil, ibu menyusui, serta perempuan lansia yang dikemas dalam bentuk tablet effervescent.

2.Sangovitin

    Rp75,200.00

Multivitamin ini diformulasikan untuk pasien yang menderita kekurangan zat besi, ibu hamil, serta penderita anemia. Sangovitin bisa digunakan untuk pengobatan anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi dan mineral lain yang berkontribusi dalam pembentukan darah.

3. Natabion

    Rp151,000.00

Natabion adalah multivitamin dan mineral untuk ibu hamil dan menyusui. Dengan kandungan asam folat, vitamin B12, kalsium karbonat, vitamin D3, serta vitamin C, suplemen ini juga bisa digunakan oleh penderita anemia yang disebabkan kekurangan zat besi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout