Blog

cara daftar vaksin online

Mudah dan Cepat, Ini Cara Daftar Vaksin Online di Peduli Lindungi

Dengan semakin digencarkannya vaksinasi Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah menyediakan cara daftar vaksin online yang mudah dan cepat. Saat ini ada dua cara untuk melakukan pendaftaran vaksin online, yaitu melalui situs web dan aplikasi Pedulilindungi.

Melalui dua cara daftar vaksin online tersebut, masyarakat bisa lebih mudah memilih lokasi dan tanggal pelaksanaan vaksinasi. Berikut cara mudah dan cepat pendaftaran vaksin online melalui situs web dan aplikasi Pedulilindungi:

Cara Daftar Vaksin Online di Pedulilindungi

Melalui Pedulilindungi, pemerintah telah memberikan akses mudah dan cepat bagi mansyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, salah satunya melalui situs web Pedulilindungi. Berikut cara mendapatkan vaksinasi melalui situs web Pedulilindungi:

  1. Buka browser di laptop atau ponsel. Kemudian, masuk ke situs web resmi Pedulilindungi di https://pedulilindungi.id/.
  2. Masuk dengan akun yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya, masukkan data diri berupa nama lengkap, NIK sesuai KTP, nomor ponsel, serta alamat e-mail yang diperlukan.
  3. Jika Anda sudah registrasi dan berhasil memiliki akun, masuk ke halaman utama situs web Pedulilindungi. Klik menu ‘Pendaftaran Vaksin’ di halaman utama, kemudian akan muncul tampilan Formulir Pengajuan Vaksinasi COVID-19.
  4. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman ‘Formulir Pengajuan Vaksinasi COVID-19’. Lalu, masukkan data diri berupa nama lengkap, NIK sesuai KTP, tanggal lahir, jenis kelamin, kota/kecamatan/provinsi/alamat, serta alamat sesuai KTP. Kemudian, klik tombol ‘Selanjutnya’.
  5. Lanjutkan proses daftar vaksin Pedulilindungi di tahap ‘Konfirmasi’ berikutnya. Lakukan permintaan yang diminta situs web Pedulilindungi, kemudian klik tombol ‘Selanjutnya’.
  6. Setelah itu, di halaman berikutnya akan muncul tampilan informasi mengenai registrasi yang telah Anda lakukan.
  7. Setelah dipastikan data yang telah Anda masukkan benar, klik ‘Selanjutnya’ dan akan muncul konfirmasi ulang, klik ‘Ya, Lanjutkan’.
  8. Masukkan kode verifikasi dan Anda telah berhasil melakukan pendaftaran vaksin COVID-19.

Selain di situs web Pedulilindungi, pemerintah juga telah menyediakan cara daftar vaksin online mudah lainnya, yaitu melalui aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Berikut caranya:

  1. Unduh aplikasi Pedulilindungi di Google Play Store atau App Store.
  2. Masuk dengan akun yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya, masukkan data diri berupa email dan nama lengkap sesuai KTP.
  3. Centang tanda setuju di bagian ‘Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi’, lalu pilih daftar.
  4. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau email, lalu tap verifikasi.
  5. Setelah akun terdaftar, pilih menu ‘Pendaftaran Vaksin’ di pojok kiri bawah menu beranda.
  6. Tap pendaftaran vaksin, lalu isi data diri berupa NIK dan nama lengkap.
  7. Tap kotak bertuliskan selanjutnya untuk ke tahap berikutnya.
  8. Konfirmasi detail penerima vaksin.
  9. Masukkan kode verifikasi, pendaftaran selesai.

Jika Anda mengalami kendala saat melakukan daftar vaksin online di Pedulilindungi, pemerintah telah menyediakan beberapa solusi. Antara lain, menghubungi pusat pengaduan Pedulilindungi di (021) 3808888 atau call center 119 extension 9, mengirim laporan pengaduan melalui WhatsApp di 0812-1100-0510 atau e-mail ke alamat pedulilindungi@kominfo.go.id.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout