Blog

cara merapikan gigi tanpa behel

Mudah dan Cepat, Ini 5 Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel

Senyum yang indah dan menarik berawal dari gigi yang putih, bersih, dan sehat. Untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih, Anda perlu membersihkan gigi secara teratur. Namun, Anda juga bisa memiliki gigi yang putih dan bersih dengan melakukan cara merapikan gigi tanpa behel.

Merapikan gigi yang tidak rapi menjadi salah satu solusi untuk memiliki gigi yang sehat dan senyum yang menakjubkan. Berikut 6 cara mudah dan cepat untuk memiliki gigi yang Anda dambakan.

Menggunakan Tangan

Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Sebelum melakukannya, pastikan jari tangan Anda bersih dengan mencucinya terlebih dahulu agar tidak ada kuman yang menempel dan merusak gigi. Berikut caranya:

● Dorong gigi ke dalam atau ke luar dengan menggunakan tangan secara perlahan.

● Ulangi langkah di atas selama 25 menit.

● Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari hingga posisi gigi menjadi rapi.

Menggunakan Sendok Nasi

Anda bisa melakukan cara ini saat menanak nasi. Caranya, masukkan sendok kayu ke nasi yang sedang tanak, diamkan sekitar 5 menit, setelah agak panas, angkat sendok kayu dan gunakan untuk mendorong gigi. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari selama 25 menit.

Mengonsumsi Buah

Cara merapikan gigi tanpa behel berikutnya adalah rutin mengonsumsi buah. Sebaiknya pilih buah dengan tekstur padat, seperti apel, jambu biji, dan pir, karena tekstur padat dapat mendorong gigi menjadi lebih rapi. Caranya, kupas kulit buah dan bersihkan, lalu konsumsi. Saat menggigit apel, lakukan dengan cara mendorong gigi bagian atas dengan buah yang dipegang selama beberapa menit, lalu apel bisa dikonsumsi.

Menggunakan Benang Gigi

Selain digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, benang gigi atau dental floss juga bisa digunakan sebagai cara merapikan gigi tanpa behel. Berikut caranya:

● Ambil benang gigi sepanjang 45 cm dan lilitkan kedua ujung benang pada jari tengah tangan kanan dan kiri.

● Pegang erat benang gigi dengan dibantu ibu jari dan jari telunjuk.

● Selipkan benang gigi secara perlahan pada salah satu sela gigi, lalu gesekkan dengan membentuk pola huruf C.

● Gerakkan benang naik turun secara perlahan agar gusi tidak terluka.

● Lakukan cara yang sama pada sela-sela gigi yang lain.

Menggunakan Aligner

Cara merapikan gigi tanpa behel dengan aligner memang belum banyak orang yang mengetahui. Namun, cara yang satu ini cukup ampuh untuk mewujudkan gigi yang putih dan bersih. Aligner merupakan alat penyangga gigi yang tipis dan terbuat dari plastik bening. Bentuk aligner hampir mirip dengan retainer yang biasa digunakan setelah lepas behel gigi. Bedanya, aligner terbuat dari 100 persen plastik bening dan lebih lentur. Dalam penggunaannya, aligner harus diganti setiap 2-3 minggu sekali agar hasilnya optimal. Selain itu, ukuran dari aligner disesuaikan dengan ukuran gigi pengguna dan tidak akan mengganggu proses mengunyah dan menggigit. Pemasangan aligner harus dilakukan oleh dokter gigi atau ortodontis yang berpengalaman. Saat menggunakannya, Anda harus melepas aligner saat makan atau menyikat gigi. Setelah itu, aligner bisa digunakan kembali.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout