Blog

cara mengobati sariawan

Mudah dan Aman, Ini Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Sariawan menimbulkan rasa sakit yang membuat penderitanya sulit makan dan minum. Untuk meredakan sakitnya, ada beberapa cara mengobati sariawan dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah. Dengan demikian, Anda bisa lebih nyaman saat makan atau minum.

Meski belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan sariawan. Jika sariawan terjadi di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam, maka bisa disebabkan oleh infeksi virus atau jamur, stres, dan kekurangan nutrisi tertentu. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara alami mengobati sariawan:

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Selain beberapa penyebab di atas, sariawan juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, mulut kering, kebiasaan merokok, dan luka di mulut. Untuk mempercepat proses penyembuhan, berikut beberapa cara mengobati sariawan secara alami:

1. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati sariawan yang pertama adalah berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam diketahui dapat meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan satu setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu aduk hingga larut. Setelah itu, aplikasikan larutan air garam tersebut untuk berkumur, khususnya pada bagian lidah selama kurang lebih 2 menit.

2. Kompres dengan kantong teh chamomile

Kandungan senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu evomenol dan azulene, dalam chamomile dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Caranya, rendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan dengan menggunakan kantong teh tersebut. Untuk hasil optimal, kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3-4 kali sehari.

3. Oleskan madu

Cara mengobati sariawan secara alami lainnya adalah dengan menggunakan madu. Sifat antiradang dan antibakteri dalam madu berfungsi untuk mengobati sariawan secara efektif. Caranya, Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3-4 kali sehari hingga sembuh. Untuk mengobati sariawan, pilih jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin adalah cara mengobati sariawan secara alami berikutnya. Dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, dan zat besi. Semua kandungan nutrisi tersebut dapat mempercepat proses kesembuhan sariawan. Selain sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan.

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sariawan dapat menyebabkan mulut kering, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena, perbanyak minum air putih untuk membantu mempercepat proses kesembuhan sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Lainnya

Selain cara mengobati sariawan dengan bahan-bahan alami, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut agar sariawan tidak semakin parah:

  • Hindari makanan pedas, asam, serta makanan yang memiliki tekstur yang terlalu keras, seperti kacang-kacangan dan keripik kentang.
  • Hindari makanan manis atau berkafein, misalnya minuman bersoda, kopi, dan minuman beralkohol.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan.
  • Gunakan obat kumur secara rutin.
  • Gunakan sedotan saat minum jika sariawan terasa sangat menyakitkan.
  • Hindari menyentuh sariawan karena dapat menyebabkan infeksi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout