Blog

sarapan pagi untuk diet

Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, sarapan adalah salah satu waktu makan yang tidak boleh dilewatkan. Selain memberi energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk sepanjang hari, sarapan juga dapat mencegah kelaparan, sehingga terhindar dari keinginan makan berlebihan di siang hari. Apa saja sarapan pagi untuk diet sehat?

Meski penting untuk diet, namun Anda perlu memilih makanan yang rendah kalori saat sarapan pagi. Sarapan pagi untuk diet dapat memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sekaligus mencegah makan berlebihan. Selain lezat dan menyehatkan, berikut beberapa pilihan sarapan pagi untuk diet sehat.

Sarapan Pagi untuk Diet

Mulai dari telur hingga smoothies, berikut rekomendasi menu sarapan pagi yang baik untuk diet:

1. Telur rebus

Telur merupakan salah satu menu wajib dalam sarapan pagi bagi Anda yang sedang diet. Kandungan protein, vitamin, dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin, membuat telur menjadi menu diet sehat yang bernutrisi tinggi. Kandungan protein, serta vitamin dan mineral dalam telur, juga dapat mengurangi nafsu makan berlebihan di siang hari, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Telur bisa diolah dalam beragam cara, namun yang paling sehat adalah telur rebus. 

2. Oatmeal 

Sarapan pagi untuk diet sehat selanjutnya adalah oatmeal. Tidak hanya lezat, oatmeal juga baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung kalori yang rendah, namun tinggi serat dan protein, dua nutrisi yang memengaruhi nafsu makan dan pengendalian berat badan. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan susu rendah lemak, tambahkan madu untuk mempermanis rasa, serta buah-buahan, kacang-kacangan, dan chia seed sebagai topping.

3. Roti gandum panggang

Roti gandum panggang juga merupakan rekomendasi menu sarapan pagi untuk diet lainnya. Agar nutrisinya lebih lengkap, kombinasikan roti gandum dengan telur orak-arik dan alpukat. Roti gandum tinggi serat, telur kaya akan protein, sedangkan alpukat mengandung lemak sehat, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Greek yoghurt dan berry

Anda juga bisa mengonsumsi greek yoghurt sebagai pilihan menu sarapan pagi untuk diet sehat. Kandungan protein yang tinggi dalam greek yoghurt bisa memberi rasa kenyang lebih lama dan mencegah nafsu makan berlebihan di siang hari. Sebaiknya pilih greek yoghurt tanpa tambahan gula atau plain. Untuk rasa manis, Anda bisa menambahkan buah berry yang juga baik untuk diet, karena kaya akan serat.

5. Smoothies dengan buah-buahan

Jika Anda memiliki sisa susu dan buah-buahan, coba masukkan keduanya ke dalam blender dan tambahkan sedikit es batu atau greek yoghurt. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga menghasilkan smoothies yang lembut, menyegarkan, dan manis secara alami. Meski bukan termasuk makanan padat, smoothies dari susu dan buah-buahan tetap bisa menjadi sarapan pagi untuk diet sehat.

6. Sereal tinggi serat dan susu

Sereal dan susu merupakan pilihan sarapan pagi untuk diet yang praktis. Pilihlah produk sereal yang tinggi serat dan mengandung gula tidak lebih dari 5 gram per sajian. Lengkapi dengan susu rendah lemak atau susu nabati. Jika Anda tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi susu sapi, konsumsi susu almond, susu kedelai, dan susu gandum.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout