Blog

tanda gerd sudah sembuh

Mengenali Tanda GERD Sudah Sembuh

GERD adalah salah satu penyakit yang bisa disembuhkan jika ditangani dengan tepat. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sudah sembuh sepenuhnya dari GERD. Apa tanda GERD sudah sembuh yang mudah dikenali?

Seseorang yang sudah sembuh sepenuhnya dari GERD memiliki beberapa tanda khusus yang bisa dirasakan oleh penderitanya. Apa saja tanda-tanda GERD sudah sembuh yang bisa dikenali? Berikut beberapa di antaranya.

Lihat juga: Suplemen untuk Atasi Gejala Lambung

1. Tidak lagi merasakan heartburn

Tanda GERD sudah sembuh yang bisa dirasakan adalah tidak lagi mengalami heartburn, yaitu sensasi perih atau panas terbakar di ulu hati, kerongkongan, dan dada. Setidaknya, gejala heartburn tidak muncul secara intens atau sering, dan perlahan menghilang.

2. Mulut kembali normal

Salah satu gejala GERD adalah rasa asam atau pahit di mulut. Jika GERD sudah sembuh, maka indera perasa akan berfungsi kembali, sehingga Anda bisa merasakan berbagai rasa secara normal, atau setidaknya gejala ini sudah berkurang secara drastis.

3. Menelan lebih mudah

Tanda penderita GERD sudah sembuh berikutnya adalah merasa lebih mudah menelan dan mencerna makanan. Dengan lebih mudah menelan, maka penderita GERD akan lebih mudah memenuhi asupan nutrisi hariannya. 

4. Aktivitas kembali normal

Tidak lagi mengalami nyeri juga menjadi tanda GERD sudah sembuh lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa kembali beraktivitas dengan normal dan tanpa gangguan. Ketika GERD masih menyerang, penderitanya tidak bisa beraktivitas secara normal.

5. Bisa tidur nyenyak

Ketika gejala GERD muncul, penderitanya biasanya mengalami batuk atau tersedak yang membuat Anda tidak bisa tidur. Saat sudah sembuh, dua gangguan tersebut akan hilang, sehingga Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak

6. Perut terasa nyaman

Tanda sembuh dari GERD lainnya adalah Anda terbebas dari perut kembung, sehingga perut akan terasa nyaman kembali. Selain itu, rasa nyeri yang biasanya muncul saat GERD juga akan hilang, sehingga Anda bisa kembali beraktivitas dengan normal.

7. Hilangnya rasa mual 

Hilangnya rasa mual yang biasanya dirasakan juga merupakan salah satu tanda Anda sudah sembuh dari GERD. Hal ini menandakan organ pencernaan Anda sudah sehat dan penyerapan nutrisi bisa berjalan dengan optimal.

Pencegahan GERD

Meski gejala GERD yang Anda rasakan sudah berkurang, atau bahkan menghilang, namun langkah-langkah pencegahan GERD perlu tetap dilakukan untuk mencegah GERD kambuh. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan GERD benar-benar sembuh:

  1. Mengonsumsi makanan yang baik untuk asam lambung, seperti buncis, brokoli, asparagus, kembang kol, mentimun, kentang, apel, pir, melon, pisang, ikan, ayam, oatmeal, dan roti gandum.
  2. Menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung, seperti alkohol, makanan pedas dan berlemak, kopi, susu, mint, dan cokelat.
  3. Mengunyah makanan dengan baik hingga benar-benar lembut.
  4. Berhenti merokok.
  5. Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi.
  6. Memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-9 jam setiap malam.
  7. Menurunkan berat badan jika memiliki berat badan berlebih atau obesitas.
  8. Hindari memakai celana atau baju yang terlalu ketat, karena bisa berisiko menekan lambung.
  9. Tidak berbaring atau tidur setidaknya dalam waktu 2 hingga 3 jam setelah makan.
  10. Melakukan teknik relaksasi, seperti yoga atau meditasi, untuk mengendalikan stres dan gangguan kecemasan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout