Blog

masa subur setelah haid berapa hari

Masa Subur Setelah Haid Berapa Hari? Ini Cara Akurat Mengetahuinya

Jika Anda dan pasangan sedang dalam program kehamilan, maka mengetahui masa subur setelah haid berapa hari akan meningkatkan peluang kehamilan. Hubungan intim yang dilakukan saat wanita dalam masa subur sangat memungkinkan terjadinya kehamilan.

Ada dua cara untuk mengetahui masa subur wanita, yaitu menghitung masa subur wanita dan mengenali tanda-tanda masa subur wanita. Ingin tahu lebih dalam mengenai cara mengetahui masa subur wanita? Berikut ulasan lengkapnya.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Kapan Masa Subur Wanita Berlangsung?

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kapan masa subur wanita dimulai adalah dengan mengetahui kapan masa haid Anda dimulai. Haid dimulai saat dinding rahim luruh dan keluar bersama darah melalui vagina. Pada masa inilah, sel telur akan kembali berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut, atau yang disebut sebagai ovulasi.

Proses ovulasi berlangsung sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama haid Anda berikutnya. Namun, untuk menentukan kapan proses ovulasi terjadi ditentukan oleh siklus menstruasi Anda. Jika siklus menstruasi Anda termasuk singkat, misalnya 22 hari, maka ovulasi bisa berlangsung hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir. Pastikan mengetahui siklus menstruasi Anda agar bisa memperkirakan kapan waktu ovulasi Anda dimulai.

Lalu, kapan masa subur wanita berlangsung? Masa subur Anda dimulai di sekitar waktu ovulasi, yaitu sekitar lima hari sebelum ovulasi terjadi. Pada umumnya, masa subur wanita terjadi sekitar 12-16 hari sebelum masa haid berikutnya. Jadi, bisa disimpulkan rata-rata masa subur wanita berada di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama menstruasi terakhir. Namun perlu diingat, hal tersebut hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, yaitu 28 hari. Jika siklus menstruasi Anda berbeda, maka Anda bisa menghitung masa subur setelah haid berapa hari.

Lihat Juga: Produk Kesehatan Seksual untuk Menambah Gairah Di Sini

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah dengan menghitung masa subur wanita. Mengetahui kapan wanita berada pada kondisi paling subur penting untuk memperbesar peluang kehamilan. Hal ini dikarenakan sel telur hanya dapat bertahan selama 24 jam setelah dikeluarkan. Jadi jika ingin hamil, sel telur harus dibuahi dalam waktu 12-24 jam setelah ovulasi. Berikut cara mengetahui masa subur wanita setelah haid berapa hari:

  • Ketahui siklus menstruasi terpendek Anda. Misalnya, 27 hari. Kurangi 27 dengan 18, hasilnya 9 hari. Angka tersebut adalah hari pertama masa subur Anda.
  • Ketahui siklus terpanjang Anda. Misalnya, 30 hari. Kurangi 30 dengan 11, hasilnya 19 hari. Angka tersebut adalah hari terakhir masa subur Anda.

Untuk memudahkan Anda, berikut cara menghitung masa subur pada wanita secara lebih akurat:

  • Jika siklus menstruasi Anda rata-rata adalah 28 hari, maka ovulasi bisa terjadi sekitar hari ke-14 dan hari-hari paling subur adalah hari ke-12, 13, dan 14.
  • Jika siklus menstruasi Anda rata-rata adalah 35 hari, maka ovulasi bisa terjadi sekitar hari ke-21 dan hari-hari paling subur adalah hari ke-19, 20, dan 21.
  • Jika siklus menstruasi Anda tergolong lebih pendek, sebagai contoh 21 hari, maka ovulasi bisa terjadi sekitar hari ke-7 dan hari-hari paling subur adalah hari ke-5, 6, dan 7.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout