Blog

manfaat vitamin c

Manfaat Vitamin C untuk Kulit: Menyehatkan Sekaligus Mempercantik

Memiliki kulit yang sehat sangat penting bagi tubuh. Kulit yang sehat berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur suhu, serta melindungi tubuh dari infeksi, cedera, dan paparan sinar ultraviolet (UV). Sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, manfaat vitamin C penting untuk merawat kulit dan melindungi kulit dari kerusakan.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat vitamin C untuk kulit, antara lain mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.

Vitamin C untuk Kulit

Memenuhi asupan vitamin C harian yang cukup sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar. Berikut beberapa manfaat vitamin C yang perlu Anda ketahui.

  1. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Salah satu manfaat vitamin C yang penting adalah sebagai sumber antioksidan yang baik bagi kulit. Fungsi antioksidan, antara lain mencegah kerusakan sel dan jaringan kulit, melindungi kulit dari paparan radikal bebas, serta mencegah penuaan dini pada kulit.

  1. Mempercepat Produksi Kolagen

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang berperan dalam menghasilkan elastisitas kulit yang membuat kulit terlihat kencang dan bersinar, serta mempercepat proses penyembuhan luka alami pada kulit. Salah satu nutrisi yang dapat mempercepat produksi kolagen adalah vitamin C

  1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Terkena paparan sinar matahari yang terlalu sering dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Sifat antioksidan dan antiradang pada vitamin C berfungsi untuk mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari, mengurangi peradangan kulit, serta membantu mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit.

  1. Mencegah Risiko Kanker Kulit

Terlalu sering terpapar sinar matahari dan usia yang semakin tua adalah beberapa penyebab kulit rentan terkena kerusakan. Kerusakan tersebut memicu terjadinya kanker kulit. Menurut penelitian, efek antioksidan dan antiradang pada vitamin C mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, serta mencegah terjadinya kanker kulit.

Cara Memanfaatkan Vitamin C untuk Kulit

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan manfaat vitamin C bagi kulit secara optimal. Antara lain:

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat vitamin C bagi kulit adalah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C secara rutin. Sumber vitamin C alami, antara lain jeruk, mangga, kiwi, nanas, pepaya, brokoli, cabai merah, tomat, serta paprika. Untuk melengkapi asupan vitamin C tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dalam bentuk tablet, permen, atau suntikan. Namun, sebelum menggunakannya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar manfaat vitamin C tetap efektif.

  1. Mengaplikasikan Serum dan Krim Vitamin C

Manfaat vitamin C pada kulit dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa mendapatkan khasiatnya melalui serum atau krim vitamin C. Kedua perawatan kulit ini berfungsi untuk mengurangi jumlah sel kulit yang terbakar, mengurangi kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari, serta mengatasi kulit kering.

Tips Mengonsumsi Vitamin C Secara Efektif

Konsumsi vitamin C diperlukan untuk kesehatan tubuh, namun sebaiknya jangan berlebihan. Asupan vitamin C harian yang diperlukan oleh tubuh disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin. Pria remaja dan dewasa membutuhkan asupan vitamin C 90 mg per hari, perempuan remaja dan dewasa membutuhkan asupan vitamin C 75 mg per hari, sedangkan ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin C 80-100 mg per hari.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout