Blog

manfaat vitamin b complex

Manfaat Vitamin B Complex Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B terdiri dari 8 jenis atau dikenal sebagai vitamin B complex. Vitamin B sangat penting untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Selain itu, ada banyak manfaat vitamin B complex yang penting untuk tubuh.

Vitamin B complex memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Sumber alami vitamin B complex bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari, terutama sumber makanan hewani.

Berikut manfaat vitamin B complex yang perlu Anda ketahui:

1. Vitamin B1

Manfaat vitamin B complex yang pertama, yaitu vitamin B1. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga sistem saraf tetap sehat, membantu kinerja metabolisme tubuh dalam menghasilkan energi dan nutrisi, serta berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi sel dan jaringan tubuh. Asupan vitamin B1 harian yang dianjurkan adalah 1,1-1,2 miligram untuk orang dewasa. Vitamin B1 dapat ditemukan dalam nasi merah, roti gandum, pisang, jeuk, seral, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf, membantu proses pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan, serta membantu meningkatkan energi. Asupan vitamin B1 harian yang dianjurkan adalah 1,1-1,2 miligram untuk orang dewasa. Vitamin B1 dapat ditemukan dalam daging, tuna, ikan salmon, susu, kuning telur, kedelai, gandum, dan kacang almond.

Baca juga: Mengenal Vitamin B Complex dan Jenisnya

3. Vitamin B6

Jenis vitamin yang satu ini berfungsi untuk mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi tubuh, meringankan gejala darah tinggi, membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah, membantu produksi sel darah merah. Selain itu, tubuh membutuhkan pyridoxine dalam proses penyerapan vitamin B1, produksi sel darah merah (hemoglobin), serta sel-sel imun. Anda bisa mendapatkan vitamin B6 dalam susu, kentang, ikan, kacang-kacangan, daging ayam, dan pisang.

4. Vitamin B7

Vitamin B7 atau biotin hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil dan berfungsi untuk membantu tubuh memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi. Selain itu, vitamin B7 juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, hati, dan sistem saraf, serta berperan penting selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Anda bisa mendapatkan vitamin B7 dalam kacang-kacangan, biji-bijian, kembang kol, pisang, dan sereal.

5. Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat dibutuhkan tubuh untuk membentuk hemoglobin, pertumbuhan dan perkembangan janin, dan menurunkan risiko anemia. Selain itu, juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, serta mampu menurunkan risiko kerusakan tabung saraf, misalnya spina bifida, pada janin. Asupan asam folat harian yang dianjurkan adalah 400 mikrogram untuk orang dewasa dan 600 mikrogram untuk ibu hamil. Anda bisa mendapatkan asam folat dalam brokoli, bayam, kangkung, kacang merah, buncis, sereal, dan kacang polong.

6. Vitamin B12

Vitamin B12 atau cobalamin berperan dalam pembentukan sel darah merah, menjaga fungsi dan kesehatan sistem saraf, membantu sel tubuh manusia, terutama mempengaruhi sintesis DNA, metabolisme asam amino, dan asam lemak. Selain itu, cobalamin juga dapat mengurangi risiko terjadinya anemia megaloblastic yang bisa menyebabkan mudah letih dan merasa lemas. Asupan vitamin B12 harian yang dianjurkan adalah 4 mikrogram untuk orang dewasa. Anda bisa mendapatkan asam folat dalam ikan, daging, susu, keju, dan telur.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout