Blog

manfaat timun suri

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Menjelang Ramadan, timun suri banyak dijual dan disajikan sebagai minuman untuk berbuka. Timun suri memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan dan tekstur daging yang lembut. Selain untuk berbuka, apa saja manfaat timun suri untuk kesehatan?

Selain sebagai minuman buka puasa yang menyegarkan, timun suri juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat timun suri untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Timun suri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain protein, air, lemak, kalsium, zat besi, serat, kalium, fosfor, dan vitamin C. Berikut manfaat timun suri untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin:

1. Memenuhi asupan cairan tubuh

Timun suri sangat disukai saat bulan puasa, karena rasanya yang menyegarkan, lembut di lidah, dan hambar, sehingga cocok ditambahkan dengan sirup dan susu. Namun, yang terpenting, timun suri kaya akan air. Saat berpuasa, Anda tidak makan dan minum setidaknya 12 hingga 13 jam sehari, sehingga tubuh akan kehilangan banyak cairan. Dengan mengonsumsi timun suri saat buka puasa, cairan tubuh yang hilang akan tergantikan.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Timun suri kaya akan serat yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Serat yang terkandung dalam timun suri dan konsumsi air putih yang cukup akan membuat feses jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh, sehingga bisa mencegah sembelit. Selain itu, Anda juga bisa memenuhi asupan serat harian sekitar 20 hingga 30 gram dengan mengonsumsi timun suri.

3. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Kandungan vitamin C dalam timun suri berperan sebagai antioksidan. Bahan aktif ini bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang dihasilkan tubuh ketika memecah zat gizi makanan, asap rokok, atau paparan sinar matahari. Paparan radikal bebas pada tubuh bisa menimbulkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti jantung, kanker, dan gangguan mata. Dengan mengonsumsi timun suri secara rutin, Anda akan terhindar dari risiko berbagai penyakit.

4. Menurunkan risiko anemia

Manfaat timun suri lainnya adalah mencegah risiko anemia. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung zat besi yang berperan dalam pencegahan anemia. Sekitar 70% zat besi ditemukan di dalam sel darah merah yang disebut hemoglobin dan di dalam sel otot yang disebut mioglobin. Hemoglobin berfungsi untuk mengantar oksigen dalam darah dari paru-paru ke jaringan, sedangkan mioglobin berfungsi untuk menerima, menyimpan, dan melepaskan oksigen yang terikat oleh hemoglobin. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi timun suri secara rutin untuk menurunkan risiko anemia. 

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam timun suri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu mencegah penumpukan kolesterol. Selain itu, kandungan cucurbitacins dalam timun suri juga bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko aterosklerosis atau terbentuknya plak di dinding pembuluh arteri jantung.

6. Mencegah diabetes

Timun suri termasuk ke dalam tanaman Cucurbitaceae yang mengandung Cucurbita ficifolia, yaitu zat yang dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh secara drastis. Oleh karena itu, timun suri aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena mengandung indeks glikemik rendah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout