Blog

manfaat petai untuk kesehatan

Manfaat Petai untuk Kesehatan: Cegah Diabetes Hingga Jaga Berat Badan

Makanan yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, ada yang merasa kurang lengkap jika makan tanpa petai. Namun, petai ternyata juga menyimpan banyak manfaat. Apa saja manfaat petai untuk kesehatan?

Petai juga ditemukan di beberapa negara, seperti Thailand, Filipina, dan Malaysia. Negara-negera tersebut bahkan menggunakan petai sebagai obat herbal tradisional. Sebelum mengetahui manfaat petai untuk kesehatan, mari simak kandungan nutrisi dalam petai berikut.

Kandungan Nutrisi dalam Petai

Tidak hanya sebagai pelengkap makanan, petai juga mengandung 90-150 kalori. Selain itu, berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam petai:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin E
  • Mineral, seperti zat besi, kalsium, mangan, fosfor, zinc, magnesium, dan tembaga

Manfaat Petai untuk Kesehatan

Dengan beragam kandungan nutrisi dalam petai, tidak mengherankan jika petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat petai untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengontrol gula darah

Kadar gula darah yang tinggi perlu dihindari sejak dini agar tidak menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, salah satunya diabetes. Oleh karena itu, Anda perlu mengontrol kadar gula darah untuk mencegah penyakit diabetes dan menurunkan risiko terjadinya komplikasi diabetes. Beberapa cara mengontrol kadar gula darah adalah berolahraga secara teratur, mengurangi asupan gula, serta mengonsumsi makanan sehat. Petai adalah salah satu makanan sehat yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan petai mengandung antioksidan, serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol yang berfungsi untuk menjaga kadar gula darah tidak melonjak. 

2. Melawan radikal bebas

Manfaat petai untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah berbagai penyakit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam petai bermanfaat untuk menangkal dampak negatif dari radikal bebas pada sel-sel tubuh. Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menyebabkan beragam penyakit, seperti jantung, diabetes, kanker, penuaan dini, serta katarak.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Sebagai sumber serat yang baik, petai disarankan untuk dikonsumsi secara rutin untuk memenuhi asupan serat. Dengan tercukupinya asupan serat dalam tubuh, Anda bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, serat juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi makanan berlebihan dan ngemil. Hal ini membuat petai sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan tetap ideal.

4. Menjaga kesehatan jantung

Peran jantung dalam menunjang kelangsungan hidup sangat penting, karena berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung, salah satunya petai. Hal ini dikarenakan petai mengandung antioksidan, serat, serta kalium. Antioksidan dan serat berfungsi untuk membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung, sedangkan kalium merupakan elektrolit dan mineral yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 

5. Mengatasi infeksi

Para ahli menemukan bahwa terdapat ekstrak dalam petai yang berfungsi untuk membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Temuan tersebut menunjukkan bahwa petai berpotensi sebagai antijamur dan antibakteri. Meski demikian, hingga saat ini temuan tersebut belum bisa memastikan apakah manfaat petai terbukti aman dan efektif dalam mengatasi infeksi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout