Blog

manfaat cincau hijau

Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan: Cegah Diabetes Hingga Penangkal Kanker

Selain dijadikan minuman, cinjau hijau ternyata juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan cincau hijau mengandung senyawa fenolik dan fitokimia, seperti flavonoid dan tanin. Apa saja manfaat cincau hijau untuk kesehatan?

Sebagai serat makanan, ekstrak cincau memiliki sifat pencahar dan dapat menginduksi pertumbuhan bakteri penghasil asam laktat di usus besar. Lalu, apa saja manfaat cincau hijau untuk kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

Dikutip dari Live Strong dalam penelitian yang diterbitkan dalam Food and Public Health pada 2013, cincau sering digunakan untuk membantu mengurangi tekanan darah, menyeimbangkan gula darah, dan melindungi terhadap diabetes dan penyakit hati.

Berbagai penelitian menemukan bahwa beberapa kandungan dalam cincau hijau bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian yang diterbitkan di Procedia Chemistry pada 2014 mengamati cincau hijau secara khusus. Peneliti menemukan kandungan flavonoid pada cincau hijau bisa membantu meningkatkan kesehatan usus, mencegah diare, dan melindungi dari sariawan dan penyakit maag.

Penelitian lain juga menyimpulkan bahwa produk fermentasi ekstrak cincau menginduksi kematian sel. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanisme kerja cincau hijau. Studi ini menunjukkan bahwa sumber serat cincau hijau dapat melindungi terhadap kanker kolorektal. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut manfaat cincau hijau, dikutip dari Keep Fit Kingdom dan Health Talk: 

1. Menstabilkan gula darah

Salah satu manfaat cincau hijau adalah membantu pengobatan penderita diabetes. Hal ini dikarenakan daun cincau kaya akan bisbenzylisoquinoline (alkaloid) dan klorofil yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah.

2. Sebagai penangkal kanker

Cincau hijau mengandung antioksidan, seperti senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin, yang berperan dalam menghilangkan sel tumor pada kanker hati, ginjal, paru-paru, payudara, dan leher rahim. Dengan demikian, mengonsumsi cincau dalam bentuk bubuk atau minuman dapat dijadikan sebagai penangkal yang efektif untuk mencegah kanker. 

3. Mengobati demam dan sakit tenggorokan

Mengobati demam dan sakit tenggorokan merupakan manfaat cincau hijau lainnya. Hal ini dikarenakan cincau hijau mengandung nutrisi, seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tentradine, dan cardioplegicum, serta vitamin A dan vitamin B. Senyawa anti-toksin tersebut efektif dalam mengobati gejala demam.

4. Mencegah osteoporosis

Kandungan mineral magnesium, kalsium, dan fosfor yang cukup tinggi dalam daun cincau bermanfaat untuk regenerasi sel tulang yang keropos. Kandungan tersebut juga dapat menyehatkan tulang dan membantu dalam pembentukan sel darah yang rusak. Dengan demikian, saat memasuki usia lanjut, kesehatan tulang bisa tetap terjaga. 

5. Mencegah sakit perut

Daun cincau hijau memiliki beberapa senyawa alkaloid yang mengandung vitamin B dan vitamin C yang efektif untuk mencegah diare dan sakit perut. Selain itu, kandungan serat dalam cincau hijau dapat membantu membersihkan saluran pencernaan Anda, sehingga mengurangi sakit perut akibat mulas dan sembelit.

6. Membantu menjaga berat badan

Meski mengandung gula, kandungan kalori pada cincau hijau cukup rendah. Kandungan gula sederhana pada cincau hijau berperan sebagai sumber energi yang tidak memicu penambahan berat badan. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya dalam cincau hijau juga dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout