Blog

8 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B Complex

Makanan yang Mengandung Vitamin B Complex – Asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi penting untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi yaitu jenis vitamin B complex atau kumpulan dari 8 vitamin yakni, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Kumpulan vitamin ini dapat didapatkan dari makanan yang bisa dikonsumsi sehari. nah berikut ini jenis-jenis makanan yang kaya akan vitamin B complex yang perlu kamu ketahui.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Complex

Vitamin B complex memiliki peran yang penting. Penuhi kebutuhannya dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin b complex berikut ini.

1. Kerang

Mengonsumsi kerang sebanyak 85 gram kerang sama saja kamu sudah memenuhi 15% kebutuhan kalium harian. Karena pada jumlah tersebut, terkandung sekitar 84 mcg vitamin B12. Namun pastikan kerang sudah matang sebelum dikonsumsi ya, kamu dapat mengukus atau rebus kerang selama 5 menit, hingga kulit kerang terbuka.

2. Bayam

Sayuran bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin B dalam bayam sangatlah mudah dicerna oleh tubuh. Sayuran hijau satu ini juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi masalah sembelit, melindungi lambung, dan mencegah penumpukan racun di area usus besar.

3. Kembang kol

Sayuran kembang kol mengandung asupan vitamin B yang sangat lengkap. Bukan hanya itu saja, sayur yang satu ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3, vitamin K, fosfor, kalium, dan sumber protein yang tinggi. Kembang kol juga berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh karena mengandung karotenoid, dan zat tersebut dapat mencegah risiko penyakit kanker dan jantung.

4. Ikan salmon

Mengonsumsi ikan salmon sangat baik untuk memenuhi nutrisi harian untuk tubuhmu. Jenis ikan yang satu juga kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Dalam 85 gram salmon, terkandung sekitar 5 mcg vitamin B12. Untuk mendapatkan manfaat kandungan salmon secara optimal, masaklah salmon dengan cara dipanggang.

Ingin membeli suplemen dan vitamin B complex? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

5. Kacang almond

Kacang almond mengandung vitamin B complex yang juga akan sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, kandungan viitamin B complex yang dikonsumsi ibu hamil dapat menurunkan risiko cacat janin. Bukan hanya itu, pada kacang almond juga terkandung riboflavin dan l-carnitin yang dapat membantu kecerdasan otak.

6. Daging sapi

Daging sapi memiliki kandungan vitamin B12 yaitu sebagai sumber protein dan vitamin B2 (riboflavin) yang mampu meringankan gejala sindrom premenstruasi. Walaupun daging sapi memiliki beragam nutrisi, sebaiknya tidak mengonsumsinya berlebihan karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

7. Yoghurt

Setidaknya pada sekitar 225 gram yoghurt rendah lemak mengandung 1 mcg vitamin B12. Makanan fermentasi ini juga mengandung kalsium, magnesium, dan protein yang dapat membantu mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi. Karena yoghurt memiliki kandungan probiotik maka makanan satu ini juga baik untuk pencernaan.

8. Telur

Jika kamu mengonsumsi satu buah butir telur rebus yang besar, maka kamu sudah memenuhi sekitar 0,5 mcg vitamin B12. Tak hanya itu, banyak pula diketahui, bahwa telur baik dikonsumsi karena dapat memenuhi kebutuhan protein dan vitamin D yang penting bagi tubuh untuk menyerap kalsium dan mempertahankan kekuatan tulang.

Jika kamu ingin mengonsumsi telur, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan merebusnya atau membuatnya menjadi telur orak-arik. Meski demikian, bagi penderita kolesterol yang cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsi telur, terutama bagian kuning telur.

Nah, itu tadi sejumlah makanan sumber vitamin B complex yang baik untuk tubuh. Untuk itu, yuk penuhi asupan vitamin B complex dengan menambahkan makanan di atas ke dalam menu harianmu!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin B Complex

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout