Blog

makanan untuk penderita asam lambung

Makanan untuk Penderita Asam Lambung: Oatmel Hingga Melon

Penderita asam lambung harus menjaga makanan yang dikonsumsi untuk mencegah kambuhya asam lambung. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui makanan yang aman untuk asam lambung. Apa saja makanan untuk penderita asam lambung?

Untuk mencegah gejalanya kambuh, penderita asam lambung harus menerapkan pola makan yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung. Berikut beberapa makanan yang disarankan.

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah gangguan kesehatan yang dialami banyak orang. Penyakit yang menyerang organ lambung ini bisa ditandai dengan nyeri ulu hati (heartburn) atau sensasi perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Untuk mengurangi gejalanya, penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut:

1. Oatmeal

Oatmeal disarankan untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat yang dipercaya bisa menyerap asam lambung, sehingga bisa mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, oatmeal juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi kadar gula darah dan kolesterol.

2. Sayuran hijau

Kambuhnya gejala asam lambung dipicu oleh konsumsi makanan berlemak dan manis. Sayuran hijau yang tinggi serat, serta tidak mengandung lemak dan gula, seperti brokoli, kentang, bayam, selada, dan kacang panjang, adalah jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

3. Daging tanpa lemak dan ikan

Daging ayam, sapi, dan ikan yang dimasak dengan cara dikukus, direbus, dan dipanggang, sangat baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Seafood yang rendah lemak juga baik untuk dikonsumsi, asalkan tidak digoreng dan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Agar lebih efektif, sebaiknya konsumsi lemak sehat yang berasal dari minyak biji bunga matahari, minyak wijen, minyak zaitun, flaxseed, dan alpukat.

4. Tanaman herbal

Ada beberapa tanaman herbal dipercaya dapat membantu meringankan gejala asam lambung, yaitu adas, jahe, dan lidah buaya. Adas berfungsi untuk membantu menetralkan keasaman (pH) lambung, sehingga bisa mengurangi gejala asam lambung, jahe memiliki efek antiradang dan meredakan mual, sehingga bisa mengurangi gejala asam lambung, sedangkan lidah buaya dikenal sebagai pengobatan untuk mengatasi asam lambung, karena bisa mengurangi peradangan dan melindungi lapisan dinding lambung.

5. Pisang

Mengonsumsi pisang dipercaya bisa menetralisir asam lambung dan meringankan gejala maag, karena tingkat keasamannya yang rendah, yaitu kadar pH sekitar 4,5-5,2. Pisang juga memiliki tekstur halus dan mudah lumat yang bisa membantu memulihkan fungsi lambung. Pisang yang ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan bisa membentuk lapisan pelindung bagi kerongkongan, sehingga bisa mencegah risiko terjadinya iritasi akibat naiknya asam lambung. Selain itu, kandungan serat pisang yang tinggi juga bisa membantu mencegah timbulnya masalah pencernaan pada penderita asam lambung.

6. Melon

Seperti halnya pisang, melon juga memiliki sifat basa yang cukup tinggi, karena mineral magnesium yang terkandung di dalamnya. Magnesium merupakan salah satu kandungan utama dari obat antasida yang digunakan untuk mengobati gejala maag. Oleh karena itu, melon disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena tidak menyebabkan peningkatan kadar asam lambung dan bisa membantu memenuhi asupan gizi tubuh harian.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout