Blog

makanan sehat dan bergizi

Makanan Sehat dan Bergizi yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

Tubuh membutuhkan beragam nutrisi agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh tersebut ada dalam beragam makanan sehat dan bergizi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Beragam jenis makanan sehat dapat Anda konsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Berikut beberapa makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayuran

Makanan sehat dan bergizi pertama adalah sayuran hijau. Hal ini dikarenakan sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Berikut beberapa sayuran hijau yang penting untuk kesehatan tubuh:

  • Brokoli

Sayuran yang satu ini kaya akan serat, kalsium, kalium, folat dan fitonutrien, yaitu senyawa yang berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan beta-karoten. Dalam 100 gram brokoli, dapat memenuhi asupan vitamin C harian sebesar 150 persen.

  • Kale

Kale merupakan sumber vitamin C yang baik, sehingga mengonsumsi kale dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, menurut United States Department of Agriculture (USDA), kale juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi, yaitu sebesar 817 mikrogram atau 778 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

  • Sayuran berdaun hijau

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, secara efektif dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Bayam merupakan sumber antioksidan, terutama jika direbus sebentar. Selain itu, bayam juga merupakan sumber nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, B6, C, E, dan K.

Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga sangat penting untuk dikonsumsi karena kaya akan vitamin. Antara lain, jeruk yang tinggi vitamin C, apel yang mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan, alpukat yang tinggi lemak sehat, kalium, dan vitamin C, pisang yang merupakan sumber kalium, serta blueberry dan strawberry yang tinggi serat dan antioksidan serta rendah kalori.

Sumber Nutrisi Selain Sayuran dan Buah-Buahan

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan sehat dan bergizi, diperlukan gizi seimbang dan beragam. Berikut beberapa jenis makanan selain sayuran dan buah-buahan yang penting untuk dikonsumsi.

1. Daging dan Telur

Kedua jenis makanan ini kaya akan nutrisi. Daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang tinggi, sedangkan telur mengandung nutrisi yang lengkap. Antara lain, protein dengan kandungan asam amino esensial dan non esensial lengkap, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

2. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kedua jenis makanan ini merupakan sumber berbagai nutrisi penting, seperti vitamin E dan magnesium. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik, terutama jika Anda vegetarian.

3. Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Makanan laut seperti ikan merupakan sumber dua nutrisi yang penting bagi tubuh, yaitu asam lemak omega-3 dan yodium. Menurut penelitian, seseorang yang rutin mengonsumsi ikan laut cenderung berumur panjang dan memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengonsumsi ikan laut.

4. Susu

Susu mengandung beragam nutrisi penting, seperti protein hewani, mineral, lemak sehat, serta vitamin. Selain itu, susu juga tinggi kalsium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt juga baik untuk kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout