Blog

Daftar Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Menangkal Covid-19

Makanan Penambah Imun Tubuh – Hingga saat ini, Covid-19 masih menyelimuti kita. Untuk itu, kita harus menjaga sistem imun di dalam tubuh agar tidak mudah turun. Salah satu poin untuk menambah imun tubuh adalah pola makan yang bergizi.

Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, maka sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi maksimal. Hal itu bisa membuat kamu sehat dan terhindar dari Covid-19. Untuk kamu yang belum mendapatkan vaksin Covid-19, maka mengonsumsi makanan bergizi sangat diperlukan.

Daftar Makanan Penambah Imun Tubuh

Untuk mendapatkan makanan penambah imun tubuh, sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan kamu bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Beberapa contohnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis makanan yang mengandung banyak probiotik alami. Hal ini bisa membantu tersedianya bakteri baik di dalam tubuh kita. Di dalam yoghurt, terkandung beberapa nutrisi seperti vitamin D, A, dan juga seng. Saat probiotik alami itu semakin banyak di dalam tubuh, maka semakin banyak juga bakteri baik yang diperoleh. Hal ini juga telah diuji klinis bahwa efek yoghurt bisa menambah imun tubuh dalam memerangi Covid-19.

2. Jenis buah-buahan asam

Mungkin kamu juga sudah tahu bahwa beberapa buah-buahan bisa menambah imun tubuh. Contohnya seperti jeruk, lemon, dan berbagai jenis buah asam lainnya. Hal ini dikarenakan, di dalam buah asam tersebut mengandung vitamin C. Vitamin tersebut bisa membangun sistem imun di dalam tubuh.

Karena tubuh tidak bisa memproduksi maupun menyimpan vitamin C, maka kita harus mencari sumber vitamin C. Jumlah yang direkomendasikan adalah 75 miligram untuk wanita dewasa dan sekitar 90 miligram untuk pria.

3. Kerang

Bagi sebagian orang mungkin tidak menyangka kalau kerang termasuk makanan penambah imunitas tubuh. Meskipun tidak begitu populer pada makanan lainnya, kerang mengandung vitamin dan juga mineral penting untuk tubuh. Khususnya membantu sel kekebalan di dalam tubuh kita.

Beberapa jenis kerang seperti tiram, kerang, kepiting, dan juga lobster memiliki nutrisi seperti seng. Zat tersebut bisa menambah imun tubuh dengan cepat. Selain itu, zat seperti seng juga bisa ditemukan pada kacang mete, buncis, dan masih banyak lagi.

4. Biji bunga matahari

Bisa dikatakan, biji bunga matahari memiliki nutrisi yang sangat banyak. Beberapa kandungannya antara lain vitamin B6, fosfor, magnesium, dan juga vitamin E. Khusus untuk vitamin E, memiliki fungsi untuk mengatur dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin E juga bisa sebagai antioksidan sehingga tubuh tidak akan terkena radikal bebas.

Di dalam biji bunga matahari juga terkandung selenium yang cukup tinggi. Dalam beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa selenium pada biji bunga matahari bisa melawan infeksi virus. Itu juga berlaku untuk menangkal virus Covid-19.

5. Bayam

Di dalam bayam terdapat vitamin C, antioksidan, dan juga beta karoten. Hal ini juga bisa meningkatkan imun tubuh dalam melawan infeksi maupun virus. Jika kamu ingin mendapatkan nutrisi maksimal, masaklah bayam sebentar saja.

6. Brokoli

Selain bayam, brokoli juga termasuk makanan yang dapat menambah sistem imun dalam tubuh. Di dalam brokoli terdapat banyak vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Selain itu juga ada nutrisi lainnya seperti antioksidan. Tidak jauh berbeda dengan bayam, sebaiknya masak sebentar atau bisa menggunakan cara dikukus agar nutrisinya tetap maksimal.

7. Bawang putih

Bawang putih pada dasarnya adalah bumbu dapur untuk masakan. Selain untuk menambah cita rasa, di dalam bawang putih juga terdapat kandungan senyawa tinggi sulfur seperti allicin. Senyawa itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal.

Demikianlah daftar makanan penambah imun tubuh yang mudah ditemukan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Imun

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout