Makanan Penambah Hb Ibu Hamil untuk Mencegah Anemia

makanan penambah hb ibu hamil

Makanan Penambah Hb Ibu Hamil untuk Mencegah Anemia

Salah satu risiko yang banyak dialami ibu hamil adalah hemoglobin (Hb) rendah atau disebut juga anemia. Diperkirakan sekitar 40% ibu hamil di seluruh dunia mengalami kekurangan Hb. Untuk mencegah hal itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah Hb ibu hamil.

Hemoglobin merupakan protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sebelum membahas makanan penambah Hb ibu hamil, mari cari tahu pemicu terjadinya kekurangan Hb pada ibu hamil berikut:

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Pemicu Kekurangan Hb pada Ibu Hamil

Penurunan kadar Hb menjadi 10,5 g/dL pada ibu hamil masih dianggap normal jika tidak menunjukkan gejala anemia. Anemia bisa terjadi karena tubuh ibu hamil lebih banyak memproduksi plasma darah, sehingga konsentrasi sel darahnya merahnya berkurang. Berikut beberapa pemicu risiko terjadinya penurunan jumlah hemoglobin pada ibu hamil:

  • Kekurangan asupan zat besi, folat, atau vitamin B12
  • Sudah menderita anemia sebelum hamil
  • Usia ibu hamil masih remaja
  • Sering muntah karena morning sickness
  • Jarak usia kehamilan sebelumnya dekat
  • Mengandung anak kembar
  • Perdarahan dalam jumlah banyak

Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

Untuk mencegah anemia, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah Hb. Berikut beberapa jenis nutrisi makanan penambah Hb ibu hamil:

1. Zat besi

Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin untuk mencegah anemia. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara rutin. Kebutuhan zat besi harian ibu hamil yang disarankan adalah 27 mg per hari. Pada trimester ketiga kehamilan, kebutuhan zat besi meningkat hingga 40 mg per hari. Beberapa jenis makanan yang kaya zat besi, antara lain bayam, brokoli, telur, daging merah, kacang polong, tahu, kerang, biji-bijian utuh. Agar penyerapan zat besi semakin maksimal, konsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, tomat, kiwi, dan stoberi. Selain itu, hindari minum kopi, teh, atau minuman beralkohol, karena jenis minuman tersebut dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. 

2. Asam folat

Nutrisi makanan penambah Hb ibu hamil berikutnya adalah asam folat. Asam folat berfungsi untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi dan membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400-600 mikrogram asam folat per hari. Jenis makanan yang kaya asam folat, antara lain brokoli, bayam, daging, kacang polong, kacang kedelai, jeruk, lemon, pisang, dan alpukat.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk mendaur ulang sel darah merah lama yang sudah rusak dan menghasilkan sel darah merah baru. Jika asupan vitamin B12 kurang, maka tubuh bisa mengalami kekurangan Hb. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 2,6 mcg vitamin B12 per hari. Jenis makanan yang kaya vitamin B12 adalah sayuran hijau, jeruk, telur, susu, gandum, daging, bayam, kacang polong, kacang kedelai, dan sereal yang diperkaya vitamin B12.

Selain makanan penambah Hb di atas, ibu hamil juga bisa mengonsumsi suplemen kehamilan yang mengandung zat besi dan asam folat. Agar nutrisi tercukupi dan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin tetap tejaga, sebaiknya periksakan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan, apalagi jika ibu hamil memiliki kondisi medis tertentu. Jika ibu hamil masih memiliki pertanyaan seputar makanan penambah Hb, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout