Blog

asam folat untuk bumil

Sumber Asam Folat untuk Bumil: Asparagus Hingga Selai Kacang

Ibu hamil membutuhkan beragam nutrisi untuk mendukung kesehatannya dan janin. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan adalah asam folat yang dikenal sebagai nutrisi pembentukan sel otak bayi. Apa saja sumber asam folat untuk bumil?

Asupan asam folat yang disarankan untuk ibu hamil adalah 400 mcg per hari. Ketika usia kehamilan memasuki 5 bulan ke atas, jumlahnya meningkat menjadi 600 mcg per hari. Agar kebutuhannya tercukupi, berikut beberapa sumber asam folat untuk bumil:

Sumber Asam Folat untuk Bumil

Dikutip dari Journal of American Medical Association, ibu hamil yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan dapat menurunkan risiko autis pada bayi sebanyak 40%. Manfaat asam folat untuk ibu hamil lainnya, antara lain membantu meningkatkan perkembangan tabung saraf janin sebagai pembentuk sel darah merah hingga pembentuk sumsum tulang belakang. Apa saja sumber asam folat untuk bumil? Berikut beberapa di antaranya:

1. Biji bunga matahari

Tidak hanya sumber asam folat yang baik, biji bunga matahari juga mengandung vitamin E dan zat besi yang bisa memenuhi asupan nutrisi harian bumil. Kedua nutrisi tersebut dapat mencegah kerusakan sel dan meningkatkan energi. Jadikan biji bunga matahari sebagai camilan sehat ibu hamil.

2. Asparagus

Sumber asam folat berikutnya adalah asparagus. Sayuran yang satu ini bisa dicoba jika bosan dengan sayuran yang itu-itu saja. Agar kandungan asam folatnya terjaga, sajikan asparagus dengan cara dikukus. Namun, pastikan jangan terlalu lama, karena bisa menghancurkan asam folat yang terkandung di dalamnya.

3. Kacang tanah

Kacang tanah bisa menjadi sumber asam folat untuk bumil lainnya. Sekitar 30 gram kacang tanah bisa menyediakan seperlima kebutuhan asam folat per hari. Anda juga bisa mengonsumsi selai kacang tanah yang kaya akan asam folat. Namun, sebaiknya tidak mengonsumsi kacang tanah secara berlebihan, karena tinggi akan lemak. Jika Anda bermasalah dengan lemak, konsumsilah secara wajar.

4. Lentil dan kacang polong

Tahukah Anda? Secangkir lentil ternyata bisa memenuhi hampir seluruh kebutuhan asam folat harian. Oleh karena itu, bumil disarankan untuk mengonsumsi lentil secara rutin. Selain itu, kacang hijau dan kacang polong juga bisa dimasukkan sebagai menu harian bumil, karena kaya akan asam folat.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan sumber asam folat lainnya. Antara lain, seledri, bayam, lobak, dan kangkung. Dalam satu porsi sayuran hijau, mengandung asam folat per hari. Selain itu, sayuran hijau yang juga bisa memenuhi asupan asam folat lainnya adalah kale, selada, dan collard.

6. Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan sumber asam folat yang baik. Salah satunya pepaya yang bisa menyediakan seperempat kebutuhan asam folat per hari. Selain itu, jeruk dan grapefruit juga mengandung sekitar 30-40 mikrogram asam folat. Bumil bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan dalam bentuk smoothie atau ditambahkan dengan yoghurt rendah lemak agar rasanya semakin lezat.

7. Alpukat

Alpukat merupakan sumber asam folat untuk bumil lainnya. Dalam setengah alpukat berukuran sedang, mengandung sekitar 80-90 mikrogram asam folat atau setara dengan 22 persen asupan asam folat harian. Selain asam folat, alpukat juga kaya akan berbagai asam lemak, vitamin K, dan serat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout