Blog

menu sahur sehat

Lezat dan Bergizi, Ini 5 Pilihan Menu Sahur Sehat

Makanan yang dikonsumsi saat sahur sangat menentukan kelancaran puasa sepanjang hari. Oleh karena itu, diperlukan menu sahur sehat yang terdiri dari beragam nutrisi untuk menunjang kesehatan Anda dalam menjalankan puasa. 

Selain spiritual, menu sahur sehat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh dan kestabilan kadar gula, sehingga bisa menunda rasa lapar sepanjang hari. Berikut beberapa rekomendasi menu sahur sehat yang bisa menjadi pilihan:

1. Capcai

Menu sahur sehat yang satu ini tentunya sudah sangat populer di Indonesia. Capcai merupakan hidangkan khas Tionghoa yang berarti “aneka sayuran”. Oleh karena itu, tidak heran jika isinya terdiri dari beragam sayuran, seperti brokoli, wortel, kapri, kol, jagung, dan lainnya. Capcai mengandung vitamin penting, seperti vitamin A, vitamin C. Selain itu, capcai juga mengandung banyak serat.

2. Sup kacang merah

Hidangan lain yang berisi sayuran bergizi adalah sup kacang merah. Selain sehat, juga cocok disajikan saat sahur. Dikutip dari School Nutrition and Fitness, kacang merah kaya serat tidak larut, dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, serta membantu mencegah sembelit. Selain itu, kandungan pati resisten, sejenis karbohidrat kompleks, dalam sup kacang merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan memberi makan bakteri baik dalam usus besar.

3. Tempe dan tahu goreng

Menu sahur sehat berikutnya adalah tempe dan tahu goreng. Tempe dan tahu goreng merupakan sumber protein nabati yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa. Setiap 100 gram tahu, mengandung 1 miligram zat besi dan tahu juga merupakan sumber asam alfa-linolenat, kaya vitamin B12, vitamin D, dan kalsium. Sedangkan setiap 100 gram tempe, bisa memenuhi 10 persen kebutuhan zat besi dan kalsium harian. Selain itu, proses tempe adalah difermentasi, sehingga bermanfaat untuk membantu kesehatan usus.

4. Jus jambu biji

Selain sayuran, Anda juga perlu menyajikan buah-buahan untuk melengkapi nutrisi selama berpuasa. Dikutip dari Iranian Journal of Public Health, asupan sayuran dan buah yang rendah meningkatkn risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker, kardiovaskular, osteoporosis, tekanan darah, penyakit paru obstruktif kronik, masalah pernapasan, hingga kesehatan mental. Salah satu pilihan buah yang kaya gizi untuk menu sahur adalah jus jambu merah. Jambu merah merupakan salah satu sumber alami vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, jambu biji mengandung empat kali lipat vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari patogen penyebab infeksi.

5. Alpukat

Jika tidak ingin mengonsumsi nasi, Anda bisa memilih buah-buahan sebagai alternatif menu sahur sehat. Salah satu buah yang direkomendasikan adalah alpukat. Alpukat tinggi serat dan lemak sehat, sehingga mengonsumsi alpukat saat sahur dapat membuat perut kenyang lebih lama dan membantu menjaga pencernaan tetap sehat selama berpuasa. Alpukat juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral ketika tubuh sedang berpuasa. Selain itu, alpukat juga memilik kalori dan gula yang rendah, sehingga bagi Anda yang diabetes tidak perlu khawatir dałam mengonsumsinya. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout