Blog

khasiat bawang merah

5 Khasiat Bawang Merah, Penting untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia, cita rasa makanan menjadi kurang lengkap tanpa adanya bawang merah. Namun, fungsi bawang merah tidak hanya sebagai penyedap masakan. Bawang merah juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga khasiat bawang merah banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan.

Dalam bawang merah, terkandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menunjang aktivitas manusia, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, vitamin C, dan masih banyak nutrisi lainnya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, berikut 5 manfaat penting bawang merah untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Risiko Kanker

Salah satu penyebab kanker adalah paparan radikal bebas yang membentuk sel-sel tidak normal. Radikal bebas merupakan molekul yang dihasilkan dari asap rokok atau polusi dan dapat menyebabkan stres oksidatif yang memicu kerusakan sel. Jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka akan berisiko tumbuhnya sel-sel tidak normal, yang berkembang menjadi kanker. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti bawang merah. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

2. Mengatasi Peradangan

Tahukah Anda, saat tubuh terkena bakteri, virus, dan zat asing lainnya, sistem kekebalan tubuh akan menciptakan antibodi untuk menangkal zat-zat asing tersebut. Namun, di tengah proses tersebut, tubuh akan rentan terhadap peradangan. Peradangan yang terjadi dalam jangka panjang akan berisiko terkena penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. Untuk mencegah hal tersebut, konsumsi makanan yang bersifat antiradang, seperti bawang merah.

3. Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan kekuatan otot dan saraf. Jika tubuh kekurangan kalium, maka akan terjadi gangguan pada saraf dan otot yang membuat otot dan tubuh lemah. Bawang merah kaya akan kalium yang berfungsi untuk menunjang otot dan saraf agar bisa berfungsi dengan normal. Jika otot dan saraf bekerja dengan baik, maka Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. 

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Di tengah pandemi yang berkepanjangan, menjaga imun tubuh sangat penting agar Anda tetap sehat. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh dengan mudah adalah mengonsumsi bawang merah yang kaya akan vitamin C. Menurut penelitian, vitamin C berkhasiat dalam merangsang sel darah putih menuju lokasi infeksi, membentuk antioksidan, menangkal mikroba yang menyerang tubuh, dan meningkatkan sistem imun tubuh terhadap respon, sehingga mengurangi risiko terjadinya kerusakan oleh bibit penyakit.

5. Menyehatkan Tulang

Bawang merah adalah makanan yang mengandung mineral lengkap untuk menjaga kesehatan tulang. Antara lain, kalsium yang berkhasiat dalam menjaga tulang tetap kokoh dan mempercepat pertumbuhan sel-sel tulang baru untuk menggantikan sel tulang yang rusak. Selain itu, kandungan mineral, seperti zat besi, fosfor, dan tembaga, pada bawang merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Beragam bukan khasiat bawang merah untuk kesehatan? Salah satu cara untuk mendapatkan khasiatnya adalah dengan menambahkan bawang merah pada masakan Anda. Namun, hindari konsumsi bawang merah yang berlebihan karena akan menyebabkan perut terasa kembung dan tidak nyaman. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi pada kandungan dalam bawang merah, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout