Blog

cara mengatasi buang air kecil sedikit dan sering

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Buang Air Kecil Sedikit dan Sering yang Ampuh

Sering buang air kecil, namun sedikit, kerap memicu ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, misalnya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Untuk mengurangi ketidaknyamanan, ketahui cara mengatasi buang air kecil sedikit dan sering lebih lanjut.

Penyebab sering buang air kecil dalam jumlah sedikit tidak hanya ISK, namun bisa faktor lain, misalnya kehamilan atau pembengkakan kelenjar prostat. Agar bisa ditangani dengan tepat, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi buang air kecil sedikit dan sering berikut. 

Penyebab Buang Air Kecil Sedikit dan Sering

Buang air kecil sedikit, namun sering, bisa menandakan beberapa penyakit tertentu, yaitu:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah penyebab sering buang air kecil dan sedikit. Penyebab ISK adalah infeksi bakteri di saluran kemih, sehingga menimbulkan peradangan yang memicu nyeri perut bagian bawah dan demam.

2. Kehamilan

Sering buang air kecil dengan jumlah sedikit juga bisa dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan disebabkan oleh perkembangan uterus yang berisiko menekan kandung kemih. 

3. Gangguan prostat

Prostat adalah pembesaran kelenjar prostat yang hanya dialami oleh pria. Kondisi ini memicu gangguan pada saluran kemih, sehingga menyebabkan pengidapnya sering buang air kecil dalam jumlah yang sedikit.

Beragam Cara Mengatasi Buang Air Kecil Sedikit dan Sering yang Efektif

Setelah mengetahui beberapa kondisi yang memicu sering buang air dan sedikit di atas, berikut beragam cara mengatasi buang air kecil sedikit dan sering yang efektif dan bisa diterapkan di rumah:

1. Pola makan sehat

Pola makan sehat adalah kunci untuk mengatasi sering buang air kecil, namun sedikit. Oleh karena itu, agar terhindar dari gangguan ini, Anda dianjurkan untuk memperbanyak serat, misalnya kacang-kacangan, alpukat, brokoli, dan beras merah, serta banyak minum air putih untuk mengatasi gangguan di kandung kemih. Selain itu, hindari makanan atau minuman yang berisiko memicu gangguan di saluran kemih, misalnya minuman berkafein, minuman beralkohol, soda, makanan pedas, dan makanan asam.

2. Rutin berolahraga

Cara mengatasi buang air kecil sedikit dan sering berikutnya adalah rutin berolahraga. Dikutip dari jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, orang yang berolahraga secara teratur selama satu minggu bisa mengurangi risiko infeksi saluran kencing.

3. Senam kegel

Senam kegel juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi gangguan di saluran kemih. Dikutip dari Medlineplus, senam kegel bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot di area sekitar uretra dan kandung kemih, sehingga bisa mengurangi dorongan untuk buang air kecil. Untuk hasil yang optimal, lakukan senam kegel selama 5 menit sebanyak 3 kali per hari.

4. Mengonsumsi cranberry

Cranberry adalah bahan alami yang sering digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Kandungan zat proanthocyanidin pada cranberry ampuh mencegah bakteri penyebab infeksi saluran kemih masuk ke dinding saluran kemih. Dikutip dari jurnal The Dietary Guidelines for Americans, kandungan antioksidan dan vitamin pada cranberry dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah beragam penyakit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout