Blog

cek berat badan ideal

Ketahui Cara Cek Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Hal ini tidak berarti Anda tidak mencintai bentuk tubuh sendiri. Namun, memiliki berat badan ideal lebih diartikan sebagai kondisi tubuh yang sehat. Bagaimana cara cek berat badan ideal yang akurat?

Memiliki berat badan ideal bukan hanya sekadar mengikuti standar kecantikan tertentu. Hal ini dikarenakan berat badan berlebih atau obesitas dan badan yang terlalu ringan tidak baik untuk kesehatan. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa cara cek berat badan ideal.

Cara Cek Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Salah satu cara untuk cek berat badan ideal adalah menggunakan rumus Broca. Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara penghitungan antara pria dan wanita. Hal ini disebabkan pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Meskipun pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menghitung berat badan ideal, rumus ini tergolong tidak rumit. Berikut penjelasan rumusnya:

  • Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen].
  • Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen].

Misalnya untuk pria, jika Anda memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10 persen], 71-7=63. Jadi, berat badan ideal Anda adalah 63 kilogram.

Sedangkan untuk wanita,  jika Anda memiliki tinggi badan 158 sentimeter, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15 persen], 58-8=49,3. Jadi, berat badan ideal Anda adalah 49,3 kilogram.

Cara Cek Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Cara cek berat badan ideal lainnya adalah menggunakan Body Mass Index (BMI). BMI adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Berbeda dengan rumus Broca yang membedakan cara perhitungan pria dan wanita, BMI dibedakan berdasarkan usia.

Kalkulator BMI bisa digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 20 tahun atau lebih. Bagi seseorang yang berusia di bawah 20 tahun, ada cara lain untuk menghitungnya. Dengan menggunakan kalkulator BMI, akan diketahui apakah seseorang masuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. 

Meski demikian, BMI dapat menimbulkan kesalahpahaman bagi atlet atau olahragawan. Berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan kelebihan berat badan, padahal sebenarnya tidak. Sebelum menggunakan kalkulator BMI, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa keterangan mengenai perhitungan ini:

  • Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.
  • Jika angka BMI melebihi 25, artinya Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas.
  • Jika angka BMI berada di bawah 18, ini artinya berat badan Anda kurang.
  • Jika angka BMI sudah melebihi 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya, karena angka tersebut menunjukkan tanda berbahaya bagi kesehatan.

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram) : Tinggi badan (meter).

Misalnya, jika berat badan Anda 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, angka BMI Anda adalah 47:(1,63)=17.8. Ini artinya berat badan Anda termasuk di bawah rata-rata.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout