Blog

Penyebab Jerawat

Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat merupakan masalah klasik yang dialami oleh banyak orang. Masalah kulit yang satu ini sebenarnya bisa diatasi dengan perawatan sederhana. Namun, jika jerawat sering muncul di tempat yang sama, Anda perlu mengetahui penyebab jerawat agar tidak muncul kembali.

Sebelum mengobati jerawat, Anda perlu mengetahui jenis jerawat yang dialami serta apa pemicunya. Pada umumnya penyebab utama jerawat adalah penyumbatan pori-pori. Hal ini dapat terjadi akibat tiga faktor berikut:

Bakteri

Bakteri adalah salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Berikut beberapa jenis bakteri pemicu jerawat:

  • Propionibacterium acnes (P. acnes) 
  • Corynebacterium granulosum
  • Staphylococcus epidermis atau coagulase-negative staphylococcu

Di antara ketiga jenis bakteri di atas, P. acnes merupakan jenis bakteri yang paling sering menyebabkan jerawat. Bakteri tersebut akan menginfeksi saat adanya penyumbatan pori oleh zat asing, sehingga memicu kulit membengkak dan bernanah.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Penyebab jerawat berikutnya adalah penumpukan sel kulit mati. Setiap sel tubuh yang sudah rusak akan digantikan dengan sel baru yang sehat. Namun, proses pergantian sel baru yang sehat tidak berjalan dengan lancar bagi orang yang mudah berjerawat dan memiliki kulit yang berminyak, karena kulit mereka memproduksi lebih banyak sel kulit mati daripada yang seharusnya. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan sel kulit mati karena tidak dapat dibersihkan dan memicu penyumbatan pori-pori, sehingga menyebabkan jerawat.

Produksi Minyak Berlebih

Kulit manusia memiliki kelenjar sebaceous (sebasea) yang berfungsi untuk memproduksi minyak (sebum). Sebum nantinya akan naik ke permukaan kulit melalui pori-pori di sekitar folikel rambut dan bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, jika sebum dihasilkan secara berlebihan akan menyumbat pori-pori, sehingga mengakibatkan jerawat.

Cara Alami Mengatasi Jerawat

Selain rutin melakukan perawatan wajah, Anda juga bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut 3 di antaranya:

1. Putih Telur

Selain membantu mengurangi peradangan pada jerawat, putih telur juga efektif untuk mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Anda bisa menggunakan putih telur sebagai masker jerawat. Caranya, aplikasikan putih telur ke area yang berjerawat, diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih dengan air.

2. Madu

Masker madu juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan madu berfungsi untuk menjaga bakteri baik yang ada di kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Caranya, campurkan 3 sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis, lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik, diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih.

3. Mentimun

Cara alami untuk menghilangkan jerawat berikutnya adalah mentimun. Mentimun memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan dan kecantikan kulit. Manfaat mentimun untuk kulit, antara lain membantu mengurangi peradangan pada jerawat, mengurangi pembengkakan, serta memberikan efek dingin pada kulit wajah.

Itulah penyebab jerawat dan cara alami untuk mengatasinya. Agar hasilnya lebih efektif, terapkan juga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan menghindari stres. Selain 3 bahan alami di atas, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih dan kentang untuk mengatasi jerawat. Jika Anda telah melakukan perawatan alami namun jerawat masih muncul, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout